Menlu Retno Marsudi: Presiden Turki Erdogan Kunjungi Indonesia pada 2021

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Indonesia pada 2021.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 22 Des 2020, 13:12 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tingkatkan kerja sama industri perdagangan di Istana Turki, Kamis (6/7/2017). (Biro Pers Istana)

Liputan6.com, Jakarta- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan diumumkan akan mengunjungi Indonesia pada 2021. Kabar kunjungan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam press briefing bersama Menteri Luar Negeri Turki, Mevlüt Çavuşoğlu yang kini sedang mengunjungi Indonesia

"Pada pertemuan tadi, kami membahas rencana Kunjungan Kenegaraan Presiden Erdogan ke Indonesia tahun depan, pada 2021," kata Retno, Selasa (22/12/2020). 

"Ini merupakan kunjungan balasan Presiden Erdogan terhadap kunjungan Presiden Jokowi ke Ankara pada tahun 2017. Kunjungan ini akan menandai peningkatan hubungan Indonesia –Turki ke tatanan yang baru," terang Retno. 

Menurut Retno, setelah pertemuan virtual antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia dengan Menteri Perdagangan Turki pada Juli 2019, kedua negara telah melihat besarnya minat perusahaan konstruksi Turki untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya pada proyek jalan tol dan bendungan.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Pertahanan

Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam press briefing Kemlu RI pada Selasa (22/12/2020). (Photo credit: Kementerian Luar Negeri RI)

Sementara itu, terkait kerjasama di bidang pertahanan dan industri pertahanan, Retno mengatakan bahwa kedua negara "telah menyaksikan kemajuan yang signifikan di sektor ini  selama dua tahun terakhir." 

"Saling kunjung antara pejabat dan para ahli di bidang pertahanan dan industri pertahanan telah menunjukan peningkatan yang signifikan," imbuhnya. 

Retno pun membahas kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto ke Turki pada pekan lalu.

"Hal ini memperkuat komitmen kedua negara untuk mengembangkan lebih jauh kerja sama pertahanan dan industri pertahanan," jelas Menlu Retno. 

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya