6 Makanan Ramah Muslim di Korea Selatan, Wisatawan Muslim Perlu Tahu

Ada beragam restoran yang ramah pengunjung muslim, seperti di daerah Itaewon, Myeong-dong, Dongdaemun, dan kawasan Nami Island.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Okt 2020, 05:03 WIB
Sebelum Berlibur ke Korea Selatan, Wisatawan Muslim Wajib Tahu Deretan Kuliner Halal Berikut Ini (dok. Pexels/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda penggemar drama Korea atau sering menyaksikan tayangan reality show mereka, tentunya tak asing lagi dengan sejumlah menu makanan penggugah asal Negeri Gingseng itu. Maka, kesempatan berlibur ke Korea Selatan biasanya juga dimanfaatkan untuk berburu kuliner setempat.

Hanya saja, tidak mudah bagi wisatawan muslim mendapatkan menu makanan halal di negara yang penduduknya mayoritas non-muslim. Influencer dan pembawa acara Michelle Hendra, atau yang dikenal dengan Michi, mengaku cukup memahami seluk-beluk makanan di negara tersebut, termasuk mana saja makanan yang ramah bagi muslim.

"Salah satu hal yang paling menyenangkan dari Korea Selatan itu makanan dan udaranya yang begitu segar. Tapi kalau berkunjung ke sana, pasti yang paling dicari itu makanannya," ujar Michi dalam talkshow virtual bertajuk Eat with Love, yang diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization (KTO) Indonesia, Sabtu, 17 Oktober 2020.

 

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa banyak makanan sehat yang dapat ditemui di sana. "Orang Korea itu banyak yang very concern about their body and health, biasanya makanannya emang enggak pakai MSG, jadi memang lebih sehat," ucapnya.

Berawal dari belajar bahasa Korea dari teman-temannya saat kuliah di Australia, serta pengalaman kerja di restoran Korea, hingga akhirnya menikah dengan orang Korea, ia sangat mendalami budaya dan berbagai kuliner Korea. Saat ini, ia juga ia tengah merintis bisnis F&B berkonsep makanan Korea yang dinamainya Bamsae 밤새, di bilangan Jakarta Selatan.

Menurutnya, budaya makan di Korea cukup unik, karena ada beberapa restoran tidak memperbolehkan pelanggan hanya memesan satu porsi makanan walaupun hanya datang seorang diri. "Mereka nggak ngebolehin, jadi harus pesan dua porsi kalau sendiri. Misalnya, kalau ke kafe bertiga, pesanannya juga harus tiga porsi,” ujarnya. "Budaya makan bareng itu sangat marak di sana, maka dari itu porsinya juga memang cenderung besar, karena buat sharing."

Michi mengatakan, sebenarnya ada beragam restoran yang ramah pelanggan muslim karena menyajikan makanan yang halal. Itaewon adalah salah satu kawasan yang banyak makanan halal, begitu pula dengan Myeong-dong, Dongdaemun, dan kawasan Nami Island. Berikut adalah deretan menu makanan ramah muslim versi Michi, yang patut dicoba saat berkunjung ke Korea Selatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

1. Dakgalbi

Ilustrasi Dakgalbi (dok. Instagram @foodventureswithhb/https://www.instagram.com/p/ByLFkcohCEq/?igshid=1au6opksafpaq/Brigitta)

Merupakan menu oseng ayam dengan saus ala Korea yang pedas, dan disandingkan dengan sayuran, seperti kimchi dan daun selada. Biasanya, masakan ini menggunakan daging ayam bagian paha untuk mendapatkan sensasi tekstur daging yang lebih lembut.

Umumnya menu ini disajikan dalam wajan panas. Jika sudah mulai sedikit, bumbu sisanya dapat dioseng dengan nasi putih menjadi nasi goreng. Hidangan ini akan lebih nikmat bila ditambahkan keju mozarella dan sejenisnya. Menu ini sangat terkenal di restoran kawasan Nami Island, di Cuncheon, tetapi juga ada di daerah Seoul.

2. Chadol Baegi

Merupakan beef brisket atau daging sapi yang diiris tipis, lalu kemudian dimasak di atas panggangan. Ketika mengonsumsinya, dapat didampingi saus samjang atau dengan kecap asin dan cabai, lalu dibungkus dengan lembaran sayur selada. Salah satu restoran yang paling terkenal menyajikan hidangan ini adalah restoran milik celebrity chef, Baek Jong Won.

3 dari 4 halaman

3. Yangnyeom Gejang, Ganjang Gejang

Ilustrasi Ganjang Gejang (dok. Instagram @umami_fun/ https://www.instagram.com/p/BynCJiGAo9h/?igshid=93dpfn7xzaul/ Brigitta)

Menu ini sering kali muncul dalam berbagai drama Korea, yakni kepiting rajungan mentah yang dimarinasi. Biasanya kepiting dimarinasi dengan kecap asin, atau juga dengan saus pedas ala Korea. Akan lebih nikmat bila hidangan ini dsantap dengan nasi hangat dan dibungkus dengan lembaran rumput laut kering.

Sistem penyajiannya juga ada dua macam, yakni premium dan Buffet. Salah satu rekomendasi Michi adalah di kawasan Dongdaemun. "Yang buffet itu jauh lebih murah, sekitar 150 ribuan (rupiah) per orang, tapi yang premium dagingnya lebih tebal, dan telurnya (kepiting) itu berkelimpahan," jelasnya.

4. Bulgogi

Bulgogi tidak lagi asing bagi masyarakat Indonesia sekalipun. Oleh karena itu, menu ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik bagi wisatawan muslim. Perlu diingat bahwa restoran Korea fokus pada satu menu, salah satunya restoran bulgogi yang 90 persen menunya adalah bulgogi. Dokkaebi bulgogi adalah salah satu yang paling terkenal di Korea Selatan, menurut Michi.

4 dari 4 halaman

5. Gopchang, Daechang, Makchang

Ilustrasi Gopchang, Daechang, Makchang (dok. Instagram @eat._.joa/ https://www.instagram.com/p/CDq57i3lko6/?igshid=1lsjpyqyrv1f/ Brigitta)

Ini merupakan menu jeroan ala Korea. Penting untuk mencari restoran yang khusus menjual jeroan sapi. Menu ini biasanya bisa disajikan dengan dipanggang atau dijadikan sup dengan kuah kaldu yang pekat.

Meskipun menu utamanya jeroan, biasanya orang Korea sering menikmatinya dengan ragam sayuran, seperti kucai, atau umbi-umbian, sehingga tetap sehat untuk dikonsumsi. Hidangan ini banyak terkenal di kawasan Daegu.

6. Samgyetang

Jika Anda perlu hidangan yang hangat dan sehat, menu ini adalah jawabannya. Samgyetang pada dasarnya adalah sup ayam ala Korea yang dimasak dengan ginseng. Biasanya sup ini berisi ayam muda yang utuh, lalau direbus selama beberapa jam dengan api kecil agar menghasilkan daging yang empuk.

Uniknya, sebagian besar orang Korea juga sering menyantapnya di kala musim panas. Menurut mereka, saat memakan sup tersebut di cuaca yang panas, akan semakin banyak keringat yang keluar, lalu suhu tubuh akan turun sendirinya setelah menyantap hidangan panas.

Jika Anda adalah wisatawan muslim ataupun vegetarian, Michi menganjurkan bahwa akan lebih baik untuk menanyakannya kepada pihak restoran. "Paling baik itu memang langsung ditanya aja ke pihak restorannya, atau bisa customize untuk hidangan tertentu," imbuhnya menambahkan. Anda juga dapat mengunjungi beragam jajanan pinggir jalan untuk menemukan makanan khas Korea Selatan lainnya.

(Brigitta Valencia Bellion)

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya