Bertahun-tahun Melawan Kanker, Musisi Keturunan Indonesia Eddie Van Halen Meninggal Dunia

Musisi Eddie Van Halen meninggal dunia karena kanker di usianya yang ke 65

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 07 Okt 2020, 09:40 WIB
Eddie Van Halen pada 2017 (AP Photo/Kevork Djansezian,File)

Liputan6.com, Jakarta Musisi Eddie Van Halen meninggal dunia karena kanker yang ia idap sejak beberapa tahun lalu. Pengumuman tersebut disampaikan oleh putranya, Wolfgang pada hari Selasa waktu Amerika Serikat.

Gitaris kelahiran Amsterdam, Belanda ini meninggal di usianya yang ke 65 tahun.

"Saya tidak percaya harus menuliskan ini, tetapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker," kata Wolfgang yang juga pemain bass dari grup yang dibentuk sang ayah, Van Halen.

Wolfgang mengatakan, setiap momen telah ia lalui bersama sang ayah baik di atas dan di luar panggung, adalah sebuah hadiah.

"Hati saya hancur dan saya rasa tidak akan pernah pulih sepenuhnya dari kehilangan ini," kata Wolfgang seperti dikutip dari The Guardian pada Rabu (7/10/2020).

Dilaporkan oleh PEOPLE, kondisi kesehatan Van Halen diketahui mengalami penurunan dengan cepat selama tiga hari terakhir.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Terkena Kanker

Eddie Van Halen pada 12 Fenruari 2015 di Museum of American History, Washington. (Owen Sweeney/Invision/AP, File)

Seorang sumber mengatakan bahwa keluarganya benar-benar melindungi musisi yang pernah berkolaborasi dengan Michael Jackson di lagu "Beat It" tersebut.

"Selama karantina, semua orang di sekitar Eddie bahkan lebih berhati-hati tentang kesehatannya dan keluarganya benar-benar melindunginya," kata sumber tersebut. "Dia menderita kanker tenggorokan selama bertahun-tahun tetapi itu menyebar."

"Dia sudah mengalaminya selama bertahun-tahun tetapi tidak ada yang tahu itu seserius ini," kata sumber lainnya.

Sebelum dikabarkan terkena kanker tenggorokan, Van Halen sempat menderita kanker lidah pada tahun 2000. Namun, ia berhasil mengalahkan penyakitnya pada 2002.

Wolfgang bersama sang ibu yang merupakan mantan istri Van Halen, Valerie Bertinelli, dan istri Van Halen saat ini Janie Liszewski, diketahui menemani gitaris yang mempopulerkan teknik tapping ini ketika ia meninggal di rumah sakit.

Van Halen lahir tahun 1955 di Amsterdam, Belanda dan dibesarkan di Pasadena, California. Ia mulai membentuk band bersama saudaranya Alex, bassis Michael Anthony, dan vokalis David Lee Roth di 1974.

Dikutip dari Nikkei Asia, Van Halen juga memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Eugenia.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona

Infografis Polusi Udara di Dunia Menurun saat Pandemi Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya