Arkeologi Temukan Patung Dewa Mesir Nefertum di Pemakaman Kuno

Misi arkeologi Mesir menemukan patung pahatan dewa Mesir kuno Nefertum.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Okt 2020, 08:01 WIB
Patung Shabti atau pemakaman agama Mesir kuno dihadirkan dalam pameran tentang harta karun Firaun Tutankhamun di Grande Halle of La Villette, Paris, Prancis, Kamis (21/3). (AP Photo/Francois Mori)

Liputan6.com, Kairo - Misi arkeologi Mesir menemukan patung pahatan dewa Mesir kuno Nefertum. Benda bersejarah itu ditemukan di nekropolis atau pemakaman kuno Saqqara di Provinsi Giza, dekat Kairo, Ibu Kota Mesir.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir, patung setinggi 35 centimeter itu berada di samping peti mati kayu yang baru-baru ini ditemukan. Patung itu terbuat dari perunggu dan bertatahkan batu mulia, batu akik merah, pirus, dan lapis lazuli.

Di bagian kepala patung tersebut terdapat bentuk bunga teratai berwarna-warni menyerupai mahkota, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (3/10/2020).

Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan sekaligus pimpinan misi tersebut mengatakan, patung itu berasal dari Dinasti ke-26 yang memerintah Mesir lebih dari 2.500 tahun silam.

Load More

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Milik Pendeta Kuno

Sebuah patung ditampilkan setelah serangkaian penemuan oleh tim arkeologi Mesir di Saqqara, selatan Kairo, Sabtu (23/11/2019). Mumi hewan seperti anak singa, kucing, kobra, buaya, hingga kumbang ditemukan oleh arkeolog, termasuk 75 patung kayu dan perunggu dari masa silam. (Khaled DESOUKI/AFP)

Dia menyebut bahwa nama sang pemilik patung, seorang pendeta kuno bernama Badi Amun, terukir di alasnya.

Selama sebulan terakhir, Mesir mengumumkan penemuan puluhan peti mati utuh di dalam sebuah kuburan sedalam 11 meter di nekropolis Saqqara.

Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir akan mengungkapkan lebih banyak detail mengenai penemuan besar itu pada Sabtu 3 Oktober.

 

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya