5 Dampak Buruk dari Rasa Cemburu yang Berlebih

Setop cemburu berlebihan, ini deretan dampak buruk yang dapat mengintai kalian.

oleh Camelia diperbarui 30 Sep 2020, 18:02 WIB
Ilustrasi Perasaan Putus Asa Credit: unsplash.com/Max

Liputan6.com, Jakarta Ada yang bilang, cemburu adalah hal yang lumrah dialami seseorang dalam menjalan hubungan asmara. Cemburu bahkan dikatakan sebagai tanda cinta seseorang kepada pasangannya.

Namun jangan sampai kalian merasa cemburu berlebihan ke pasangan ya. Pasalnya rasa cemburu yang berlebih justru bisa berdampak buruk bagi kelanggengan hubungan kalian dengan pasangan. Dikutip dari Yourtango, berikut ulasannya.

Berdampak buruk bagi kesehatan

 

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Rasa cemburu berlebih tentu dapat membuat seseorang stres. Stres yang berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, sakit punggung, gangguan pencernaan, serta masih banyak lagi penyakit yang dapat mengancam kesehatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 5 halaman

Buruk buat mental

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Terlalu sering cemburu juga buruk buat kesehatan mental. Mereka yang kerap cemburu dapat mengalami depresi, sulit konsentrasi, perubahan suasana hati, cemas, hingga insomnia.

3 dari 5 halaman

Merusak komunikasi

Ilustrasi Pertengkaran dalam Rumah Tangga Credit: pexels.com/pixabay

Rasa cemburu berlebih dapat merusak komunikasi antar pasangan. Anda dan pasangan bisa terus bertengkar karena masalah ini.

4 dari 5 halaman

Merusak kepercayaan pada pasangan

Ilustrasi Pasangan Seumuran Credit: pexels.com/pixabay

Rasa cemburu bisa merusak rasa percaya pada pasangan. Bisa saja Anda yang awalnya sangat percaya pada pasangan, perlahan-lahan hilang lantaran rasa cemburu tersebut. Pasalnya rasa cemburu bisa membuat Anda menjadi sering curiga kepada pasangan.

 

5 dari 5 halaman

Bisa mengakibatkan hubungan berakhir

Jangan terburu-buru, Ini tanda-tanda kamu belum siap memulai hubungan yang baru usai putus cinta. (Photo: Kelly Sikkema/ Unsplash)

Jika sudah tak ada rasa percaya dalam sebuah hubungan, sulit untuk bisa mempertahankannya. Pasangan pun akan lelah menghadapi sikap Anda yang selalu curiga dan cemburu. Bukan hal yang mustahil pasangan akhirnya memutuskan hubungan kalian dan meninggalkan Anda untuk kemudian mencari pasangan lain yang dianggap lebih mempercayainya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya