4 Kegunaan Lain Pakai Masker Saat Olahraga di Luar Rumah

Pandemi COVID-19 belum berakhir sehingga penting pakai masker saat olahraga di area terbuka

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 03 Agu 2020, 07:00 WIB
Orang-orang yang memakai masker berolahraga di sebuah taman di Hong Kong, Rabu (22/7/2020). Hong Kong menghadapi "tahap kritis" dalam perjuangannya melawan COVID-19, dan pemerintah sedang memperpanjang langkah-langkah baru untuk menjaga jarak sosial. (AP Photo/Kin Cheung)

Liputan6.com, Jakarta - Para pakar tak bosan-bosannya mengingatkan kita agar tidak lupa pakai masker saat harus berolahraga di luar rumah.

Bagaimana juga masker berguna melindungi diri kita dari paparan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang bisa saja ditularkan orang lain yang kita temui saat sedang olahraga.

"Atau sebaliknya, mencegah orang lain terinfeksi dari kita," kata dokter spesialis kedokteran olahraga dari Slim + Health Sports Therapy, Michael Triangto.

Bisa saja tanpa kita sadari sudah ada COVID-19 di dalam tubuh kita atau orang tanpa gejala (OTG).

 

Simak Video Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain dari Masker yang Dipakai Saat Berolahraga atau Berakvitas

Seorang pria dengan mengenakan masker berolahraga selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (16/4/2020). Kendati Kawasan Senayan pun juga diterapkan PSBB, warga bisa tetap berolahraga di Komplek Gelora Bung Karno (GBK). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tidak hanya itu, masker punya kegunaan lain di saat kita olahraga di luar rumah, di antaranya:

1. Pengukur intensitas latihan

Menurut Michael, apabila kita merasa sesak saat berolahraga dengan menggunakan masker, itu menandakan intensitas latihan yang kita lakukan sudah memasuki intensitas berat.

"Turunkan intensitasnya, bukan maskernya," katanya.

2. Pengingat

"Saat kita harus menggunakan masker, hal itu menandakan bahwa keadaan di luar masih belum aman bagi kesehatan kita," kata Michael.

3. Tanggung jawab sosial

Bila kita menggunakan masker, lanjut Michael, itu berarti kita adalah orang yang bertanggung jawab. Tidak hanya terhadap diri sendiri, tapi juga keluarga dan masyarakat.

4. Monitor kesehatan

"Menggunakan masker dan merasa sesak napas meski tidak berolahraga? Itu bisa jadi tanda kemungkinan adanya gangguan pada sistem pernapasan kita," ujarnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya