Jokowi Akan Salat Idul Adha di Istana Bogor

Menurut dia, tidak ada persiapan khusus dalam perayaan Idul Adha 1441 Hijriah kali ini. Pasalnya, Jokowi hanya akan merayakan Idul Adha bersama keluarga.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 30 Jul 2020, 13:11 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Topik Sidang Kabinet Paripurna tersebut yakni Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan salat Idul Adha 1441 Hijriah di halaman Wisma Bayurini Kompleks Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat 31 Juli 2020. Salat Id rencananya akan dilaksanakan bersama keluarganya.

"Dilaksanakan di Bogor dengan keluarga. Di kediaman beliau, lapangan terbuka," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

Menurut dia, tidak ada persiapan khusus dalam perayaan Idul Adha 1441 Hijriah kali ini. Pasalnya, Jokowi hanya akan merayakan Idul Adha bersama keluarga.

"Enggak ada persiapan khusus juga. Salatnya juga intern," ujar dia.

Seperti diketahui, Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 31 Juli 2020. Pengumuman itu disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi usai menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Zulhijah.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan salat Idul Adha 1441 Hijriah dapat dilakukan di lapangan atau mesjid yang dinyatakan sebagai zona aman Covid-19. Sementara untuk daerah yang kasus virus corona masih tinggi, diimbau tak melakukan shalat di luar rumah.

"Salat Idul Adha 1441 Hijriah sudah boleh kita lakukan di lapangan atau di mesjid, kecuali atau di tempat di daerah tertentu yang tidak dibolehkan oleh pemerintah daerah atau gugus tugas Covid-19 setempat dengan alasan tidak aman Covid," jelas Fachrul dalam sebuah video, Kamis (30/7/2020).

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan

Dia mengingatkan bagi daerah yang melakukan salat Idul Adha di luar rumah harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Fachrul meminta agar pintu masuk ke tempat shalat Idul Adha dibatasi untuk memudahkan pengecekan suhu tubuh.

Kemudian, jemaah juga diminta membawa peralatan shalat masing-masing dan memakai masker serta menjaga jarak. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona.

"Tidak usah bersalaman atau berpelukan. Pengumpulan infaq dilakukan tanpa bersentuhan dengan kotak sumbangan, perpendek pelaksanaan salat dan khutbah tanpa mengurangi syarat dan rukunnya," tutur Fachrul.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya