Salurkan Dana Pen ke UMKM, Bukti Komitmen BRI ke Pemerintah

Penyerapan permodalan untuk UMKM harus dipercepat guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional seperti saat ini.

oleh stella maris pada 27 Jul 2020, 09:22 WIB
Direktur Utama Bank BRI Sunarso.

Liputan6.com, Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menyalurkan pinjaman yang bersumber dari dana percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hingga 24 Juli 2020, penyaluran sebesar Rp20,7 triliun itu setara dengan dua kali lipat dari dana yang diterima BRI dari pemerintah sebesar Rp10 triliun.

Sebelumnya pada 25 Juni yang lalu pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah sepakat untuk melakukan penempatan dana senilai Rp 30 triliun di sejumlah bank milik negara, khusus untuk BRI mendapatkan Rp 10 triliun.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menjelaskan, dari Rp20,7 triliun pinjaman yang disalurkan tersebut Rp15 triliun di antaranya disalurkan kepada lebih dari 476 ribu pelaku usaha mikro dan sisanya sebesar Rp5,7 triliun, dinikmati lebih dari 10 ribu pelaku usaha kecil dan menengah.

"Hal ini sesuai dengan janji BRI kepada pemerintah, dimana kami berkomitmen akan me-leverage pinjaman tiga kali lipat dalam tiga bulan, dan BRI dalam satu bulan sudah mampu me-leverage dua kali lipat," imbuh Sunarso.

Sunarso yang juga Ketua Himbara sebelumnya mengatakan bank pelat merah akan menyalurkan kredit hingga Rp90 triliun atau tiga kali lipat dari dana yang ditempatkan oleh pemerintah.

"Kalau ibarat (Himbara) terima Rp30 triliun, kami dalam waktu tiga bulan harus ekspansi Rp90 triliun," ujarnyadalam sebuah kesempatan. 

Dia mengungkapkan, penyerapan permodalan untuk UMKM harus dipercepat guna mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional seperti saat ini. Salah satu terobosan yang dilakukan oleh BRI yakni dengan melakukan channeling Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui e-commerce dan perusahaan ride hailing.

"Berbagai inovasi digital yang dilakukan BRI merupakan sebagai upaya Kami untuk dapat memperluas akses permodalan bagi UMKM,"jelasnya. 

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya