Menteri PPPA: Mengasuh Anak Tugas Bersama Ayah dan Ibu

Bintang menambahkan, kodrat perempuan terhadap anak hanya tiga. Pertama mengandung, kedua melahirkan, dan ketiga menyusui.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 22 Jul 2020, 15:25 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmavati saat mengikuti rapat kerja dengan komisi VIII DPR membahas lima program prioritasnya untuk periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/11/2019). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan, salah satu isu prioritas yang diemban kementeriannya adalah peran keluarga dalam pengasuhan anak. Menurutnya, ada stigma mengenai tanggung jawab dan kodrat mengasuh hanya dibebankan kepada seorang ibu.

"Mengasuh anak itu tidak hanya tugas daripada ibu, dan sering disampaikan oleh khalayak bahwa pengasuhan itu kodrat perempuan. Padahal itu tugas bersama, ayah dan bunda mendampingi sang anak," kata Bintang dalam diskusi daring bertema Hari Anak Nasional: Anak Terlindungi Indonesia Maju," Rabu (22/7/2020).

Bintang menambahkan, kodrat perempuan terhadap anak hanya tiga. Pertama mengandung, kedua melahirkan, dan ketiga menyusui.

"Jadi berkait pengasuhan di keluarga adalah tugas bersama," jelas dia.

Karenanya, Bintang menegaskan, saat ini salah satu program kerja di kementeriannya adalah meluruskan pola pikir keliru terkait pola pengasuhan terhadap anak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Jadikan anak pandai dan berahlak baik

Fatma Azaidah, Kelas 2 SDIT As Salamah sedang mengikuti pembelajaran zoom atau online hari pertama masuk ajaran baru 2020/2021 di rumah di kawasan Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Harapannya, bila kedua orangtuanya dapat memberi perhatian lebih saat mengasuh anak, maka anak Indonesia tidak hanya pandai tetapi juga berahlak baik.

"Kita bisa melahirkan anak berkualitas yang berkarakter, sehat mental dan spiritual dan ini perlu kerja sama tim di dalam rumah tangga berkait dengan pengasuhan," tandas Bintang.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya