Cek Fakta: Hoaks Marc Marquez Bakal Berobat ke Tukang Urut di Jeneponto

Foto artikel Marc Marquez telah selesai menjalani operasi viral di media sosial sejak Selasa (21/7/2020) malam.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 21 Mar 2022, 08:17 WIB
Cek Fakta artikel Marc Marquez

Liputan6.com, Jakarta - Foto artikel Marc Marquez telah selesai menjalani operasi viral di media sosial sejak Selasa (21/7/2020) malam. Pengguna media sosial terutama Facebook banyak membagikan foto artikel tersebut di postingan.

Namun ada yang berbeda dalam foto artikel yang viral di Facebook tersebut. Salah satunya yang diunggah akun @ardhy Jiee kemarin.

Pasalnya foto artikel Marc Marquez tersebut berjudul, "Marc Marquez tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin lanjut menuju kediaman Daeng Naba Tukang Urut."

Dalam postingan tersebut juga disertai narasi,"Marc marquez urut di Jeneponto...hahahahahha."

Postingan soal Marc Marquez tersebut telah dibagikan sebanyak dua kali dan mendapat 12 komentar. Lalu benarkah postingan tersebut?

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan cara mendownload foto artikel di postingan Facebook tersebut.

Lalu foto yang sudah didownload diunggah melalui mesin pencarian Google Images. Hasilnya ada dua artikel yang punya foto sama dengan unggahan di Facebook yang viral yakni dari Kompas.com dan Jateng.tribunnews.com.

Dalam artikel di Kompas.com berjudul, "Marc Marquez Tiba di Barcelona untuk Operasi, Kapan Bisa Mulai Balapan Lagi?"

Isinya sebagai berikut:

"Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, sudah tiba di Barcelona, Spanyol, untuk menjalani operasi. Marc Marquez menderita patah tulang pada lengan kanannya seusai mengalami kecelakaan pada seri pembuka MotoGP 2020 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020) malam WIB.

Kecelakaan atau crash itu terjadi pada lap ke-22, saat Marc Marquez tengah berusaha mengejar dua pebalap di depannya, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha). Marc Marquez yang terlempar dari motornya langsung mendapat perawatan intensif dan tak bisa menyelesaikan balapan.

Setelah menjalani perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut, saat ini Marc Marquez dikabarkan telah sampai di Barcelona. Rencananya dia akan menjalani operasi bersama dr Xavier Mir beserta tim pada Selasa (21/7/2020) waktu setempat.

Dokter yang menangani Marc Marquez mengatakan bahwa timnya menargetkan agar sang pebalap bisa kembali tampil pada seri ketiga MotoGP 2020.

Adapun seri ketiga MotoGP dijadwalkan berlangsung pada 9 Agustus 2020 di Sirkuit Brno, Republik Ceko. "Kami menargetkan agar Marc Marquez bisa kembali balapan di Brno," kata dr Xavier Mir kepada radio Catalan, dikutip dari GP One.

"Ini cedera serius. Jika sarafnya belum terganggu, kami bisa menstabilkan fraktur (tulang yang patah), dan Marquez akan kembali lebih cepat," tutur dr Xavier Mir menjelaskan."

Sementara artikel dari Jateng.tribunnews.com. berjudul, "Marc Marquez Jatuh hingga Cedera Serius, Terancam Absen di 2 Seri Balapan MotoGP.

Isinya sebagai berikut:

"Kecelakaan yang terjadi di MotoGP Spanyol 2020, Minggu (19/7/2020), berpotensi membuat pebalap Repsol Honda Marc Marquez harus absen pada dua seri balapan selanjutnya.

Marc Marquez mengalami cedera serius lantaran mengalami kecelakaan hebat di tikungan 3 Sirkuit Jerez, Spanyol, pada balapan kemarin.

Akibat kecelakaan itu, Marquez tidak bisa menyelesaikan balapan MotoGP Spanyol 2020.

Ironisnya, insiden itu terjadi saat balapan hanya menyisakan 3 putaran.

Selain mencatatkan gagal finis alias did not finish (DNF) pertamanya pada musim ini, kecelakaan tersebut juga membuat Marquez patah lengan kanan karena terhantam ban motornya.

Peraih gelar juara dunia MotoGP musim lalu itu dijadwalkan menjalani operasi di Barcelona, Spanyol, pada Selasa (21/7/2020).

"Tampaknya Marc Marquez mengalami cedera dari dampak langsung ban ke lengan kanannya, mengakibatkan patah tulang di batang humerus, patah tulang lengkap, meskipun tidak sepenuhnya bergeser, dengan beberapa kemungkinan kelumpuhan saraf radial," tutur Xavier Mir, dokter spesialis trauma yang bertugas pada ajang balap MotoGP.

"Cedera ini telah kami imobilisasi di sini, ketika mereka (kubu Marc Marquez) memutuskan untuk memindahkan dia ke Barcelona dan mendapatkan perawatan yang pasti," kata dr Mir lagi.

Sementara itu, Direktur Medis MotoGP, dr Charte mengusulkan Marc Marquez kembali balapan pada seri ketiga di Republik Ceska atau seri keempat di Austria.

Dengan pendapat ini, pebalap asal Spanyol itu hampir pasti tidak akan balapan di Jerez lagi pada akhir pekan ini."Besok (Senin, 17 Juli 2020), dr Mir akan bertolak ke Barcelona untuk melanjutkan perawatan," kata dr Charte.

"Jika tidak ada lagi berita mengenai jaringan, kami akan memulihkan cedera di humerusnya dengan melakukan pembedahan."

"Oleh sebab itu, kami tidak dapat mengatakan bahwa secara absolut dia ( Marc Marquez) akan ada pada balapan berikutnya atau Brno atau Austria. "

"Ini bukan saatnya, kami akan membicarakannya pekan depan," kata dia menjelaskan.

Perjuangan Marc Marquez pada balapan MotoGP Spanyol 2020 sangat berliku. Memulai balapan dari posisi ketiga, Marquez berhasil mengambil alih posisi pimpinan lomba dari sang pole sitter, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Nasib kurang mujur Marquez kemudian muncul pada lap kelima, tepatnya saat dia sejenak kehilangan kendali atas motornya hingga melebar di tikungan 4. Akibat kejadian ini, posisi Marquez sempat melorot ke urutan ke-17 sebelum akhirnya bisa menembus posisi 3 besar.

Namun, Marquez lagi-lagi terlibat insiden dan kali ini dia mengalami kecelakaan serius. Badan Marquez lalu mendarat di gravel dengan keras sebelum terhantam ban motor RC213V yang dia tunggangi. Balapan MotoGP Spanyol 2020 akhirnya dimenangi Fabio Quartararo.

Sementara itu, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Andrea Dovizioso (Ducati) finis di urutan kedua dan ketiga. Kejuaraan dunia MotoGP 2020 akan dilanjutkan di Sirkuit Jerez pada akhir pekan ini dengan menggelar seri balap MotoGP Andalusia."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan Facebook dengan gambar artikel "Marc Marquez tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin lanjut menuju kediaman Daeng Naba Tukang Urut" adalah hoaks.

Foto artikel tersebut diedit di bagian judul dari artikel yang sudah pernah dimuat.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya