Lab PCR Sulut Kini Berkapasitas 1.000 Sampel Swab per Hari

Kedatangan tim Gugus Tugas Covid-19 Nasional yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debby Kalalo juga sekaligus untuk mengecek kesiapan seluruh aspek penunjang sebelum alat-alat lab tiba.

oleh Yoseph Ikanubun diperbarui 04 Jul 2020, 17:00 WIB
Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Mapanget Manado.

Liputan6.com, Manado - Salah satu elemen penunjang untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 adalah kapasitas Laboratorium (Lab) Polymerase Chain Reaction (PCR). Itu termasuk di Provinsi Sulawesi Utara atau Sulut.

Karenanya, kapasitas lab perlu ditingkatkan. Dan kini, ditargetkan Lab PCR Sulut mampu memeriksa 1.000 sampel setiap hari.

“Proses percepatan peningkatan kapasitas Lab PCR di Sulut dikebut. Hari ini tim dari Gugus Tugas Nasional sudah datang untuk melakukan assessment,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Jumat (3/7/2020).

Kedatangan tim Gugus Tugas Covid-19 Nasional yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debby Kalalo, sekaligus untuk mengecek kesiapan seluruh aspek penunjang sebelum alat-alat lab tiba.

“Ini akan sangat membantu proses pemeriksaan sampel, diharapkan bisa mencapai 1.000 sampel tiap harinya,” ujar Dandel.

Diketahui saat ini Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut memiliki dua Lab PCR, yakni di Mapanget Manado dan RSUP Kandou Manado.

Simak Video Pilihan Berikut:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya