Habib Bahar bin Smith Ditempatkan di Lapas 'High Risk' Nusakambangan, Kenapa?

Lapas Batu, Nusakambangan dikhususkan untuk napi berisiko tinggi (high risk), Habib Bahar bin Smith ditempatkan dalam satu kamar sendiri

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Mei 2020, 00:30 WIB
Pegawai berkemampuan khusus ditugaskan di Lapas ‘High Risk” Karanganyar, Nusakambangan. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Cilacap - Habib Bahar bin Smith menempati Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, setelah dipindahkan dari Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami baru dapat pemberitahuan (rencana pemindahan Habib Bahar) tengah malam. Pukul 06.00 WIB tadi tiba di Wijayapura, terus menyeberang, sampai Lapas Batu pukul 06.35 WIB," kata Kepala Lapas Kelas I Batu Erwedi Supriyatno saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Lantaran Lapas Batu, Nusakambangan dikhususkan untuk napi berisiko tinggi (high risk), Habib Bahar bin Smith ditempatkan dalam satu kamar sendiri tanpa ada napi lainnya.

"Kalau di Lapas Batu 'one man one cell (satu orang satu sel, red.)', karena 'high risk'. Jadi sendirian (dalam satu kamar)," tegasnya, dilansir Antara.

Ia mengatakan proses pemindahan Habib Bahar hingga penerimaan di Lapas Batu telah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Bahkan, kata dia, pihaknya juga melaksanakan SOP yang berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam pemindahan Bahar Smith ini.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Assesment Habib Bahar Smith di Lapas Batu Nusakambangan

Massa mendatangi Lapas Gunung Sindur, Bogor meminta penjelasan penahanan kembali Bahar bin Smith, Selasa (19/5/2020). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Erwedi menjelaskan di Lapas Batu ini, petugas lapas akan melakukan asesment dalam kurun waktu tertentu. Petugas juga akan mengamati perilaku Bahar Smith dan ada kemungkinan diipindah ke lapas lainnya.

“Kalau ada perubahan perilaku, bisa saja dipindah ke lapas maksimum,” ucapnya, kepada Liputan6.com.

Menurut dia, penempatan seorang napi akan sangat dipengaruhi tingkat risikonya. Jika napi tersebut berisiko tinggi, maka yang bersangkutan akan ditempatkan di lapas high risk.

Sebaliknya, jika napi tersebut kooperatif dan berisiko rendah, maka napi bisa ditempatkan di lapas maksimum atau lapas dengan pengamanan standar tinggi.

Di Nusakambangan ada tiga lapas 'high risk prison' atau lapas risiko tinggi. Yakni, Lapas Batu, yang dikhususkan untuk gembong narkoba, Lapas Pasir Putih untuk napi risiko tinggi terorisme, serta Lapas Karanganyar, Lapas risiko tinggi untuk napi narkoba dan kejahatan berat lainnya. Di ketiga lapas high risk ini napi ditempatkan satu orang satu sel.

Mengutip Antara, pemindahan tersebut dilakukan setelah simpatisan pendukung Habib Bahar bin Smith melakukan gangguan keamanan dan ketertiban saat menggeruduk Lapas Kelas IIA Gunung Sindur.

"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Kelas I Batu Nusakambangan," ujar Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Apriyanti dalam keterangan di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya