Ikut Kelas Meditasi Online, Apakah Efektif Tingkatkan Imun Tubuh?

Kelas meditasi online bermunculan. Peminatnya juga meningkat. Apakah efektif bantu tingkatkan imun tubuh?

oleh Dinny Mutiah diperbarui 14 Apr 2020, 05:03 WIB
ilustrasi meditasi/unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Imunitas tubuh kini paling dibutuhkan untuk menangkis infeksi corona Covid-19. Banyak cara untuk meningkatkannya, mulai dari makanan, olahraga, berjemur, hingga meditasi

Meditasi biasanya digelar di sejumlah kelas yang diikuti banyak orang. Namun, saat ini tak mungkin dilakukan selama aturan physical distancing masih berlaku. Muncullah kelas-kelas meditasi online yang bisa diikuti dari rumah.

Salah satu penyedia kelas meditasi online, The Golden Space Indonesia melaporkan adanya peningkatan animo masyarakat terhadap layanan sejak diperkenalkan sejak akhir Maret 2020. Tapi, apakah efektif?

"Meditasi secara online sama efektivitasnya dengan meditasi di kelas biasa. Emosi-emosi yang terpendam tetap dapat diproses dan dilepaskan secara efektif dipandu oleh fasilitator kami," kata Helena Abidin, Corporate Director The Golden Space Indonesia, menanggapi Liputan6.com di Jakarta, Senin, 13 April 2020.

Ia merujuk pada riset yang dilakukan Harvard Medical School bahwa meditasi dapat membantu menurunkan kecemasan, depresi, stres, nyeri, dan membantu meningkatkan kesehatan secara umum, kesehatan mental dan kualitas hidup. Praktik tersebut juga bisa menekan peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Berbagai riset telah menunjukkan bahwa meditasi secara positif dapat membantu meningkatkan antibodi yang sangat diperlukan untuk kekebalan tubuh. Di samping itu, relaksasi tubuh saat meditasi membantu mengurangi stres yang menjadi penyebab menurunnya daya tahan tubuh," ujar Meilinda Sutanto, Certified Health Coach dan Certified Meditation Instructor dari The GoldenSpace Indonesia.

Selain Meilinda, ada 17 instruktur lainnya yang terlibat, termasuk Yodhananta Soewandi, putra mantan Menteri BUMN Rini Soewandi. Ia memberikan sesi meditasi online gratis untuk para tenaga medis sebagai bentuk tanggung jawab sosial.

"Program ini telah kami mulai pada tanggal 11 April bersama Rumah Sakit Mitra Keluarga dan jaringannya di Surabaya, Cibubur, Bekasi dan Jakarta. Kami melihat penting sekali untuk membantu mereka yang berada di garda terdepan menghadapi pandemik ini, agar dapat menghadapi tugas dan tanggung jawab mereka dengan lebih kuat dan tenang," imbuh Silvia Basuki, Managing Director The Golden Space Indonesia.

Load More
2 dari 3 halaman

Bagaimana Prosedurnya?

Sesi kelas meditasi online dengan tenaga medis dari RS Mitra Keluarga. (dok. The Golden Space Indonesia/Dinny Mutiah)

Satu sesi meditasi online berlangsung selama satu jam. Helena menerangkan, kelas itu langsung ke program meditasi tetapi didahului dengan penjelasan ilmiah tentang manfaat meditasi, sesi berbagi, baru ditutup dengan meditasi sekitar 15 menit.

"Tidak ada batas akhir dari program ini, akan kami lanjutkan sepanjang dibutuhkan, termasuk untuk berbagai rumah sakit lainnya," katanya.

Para peserta yang akan mengikuti kelas itu diharapkan mempersiapkan diri dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, tanpa gangguan. Dengan begitu, semua pikiran bisa dipusatkan dalam sesi tersebut.

"Kedua tempat yang sepi dan tak terganggu oleh suara atau aktivitas lainnya. Bisa duduk di kursi atau bersila di atas bantal di lantai," terangnya. 

Meditasi, sambung dia, harus menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari selama 10--15 menit. "Saat yang baik untuk meditasi adalah di pagi hari saat matahari terbit dan juga sebelum tidur," jelasnya.

Selain untuk program meditasi online gratis untuk para tenaga medis, pusat meditasi itu juga memiliki 50 kelas meditasi online dalam Bahasa Indonesia dan Inggris secara reguler setiap hari. Kelas yang disediakan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tersedia pula layanan konseling pribadi untuk membantu penyembuhan trauma dan emosi, termasuk juga bagi pasien COVID-19 yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan imunitas tubuh mereka.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya