Klopp: Lepas Coutinho ke Barcelona Keputusan Sulit

Pemain berusia 27 tahun itu dilepas Liverpool dengan harga 142 juta poundsterling ke Barcelona pada Januari 2018.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 07 Apr 2020, 16:45 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memeluk Philippe Coutinho. Nama terakhir dilepas ke Barcelona paa Januari 2018 (AP/Rui Vieira)

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku cukup sulit melepas Philippe Coutinho ke Barcelona. Di satu sisi, ia ingin sang pemain bertahan, tapi di sisi lain gelandang asal Brasil itu ngotot pindah.

Pemain berusia 27 tahun itu dilepas Liverpool dengan harga 142 juta poundsterling ke Barcelona pada Januari 2018. Sebelumnya, raksasa Catalan telah membuat beberapa tawaran di musim panas 2017. Namun Liverpool menolak dan menegaskan bahwa Coutinho tidak akan dijual.

Enam bulan kemudian The Reds masih enggan menyetujui perpindahan sang pemain ke Camp Nou. Namun, Klopp tidak ingin berniat buruk terhadap mantan playmaker-nya.

"Saya benar-benar menghargai perpindahan Coutinho dari detik pertama. Tapi sulit untuk melepasnya. Jadi, ini bukan tentang kami menandatangani kontrak baru berminggu-minggu sebelumnya, tetapi sangat jelas dia tidak akan meminta pindah ke klub selain Barcelona," kata Klopp di Pure Football Podcast.

2 dari 3 halaman

Sempat Menolak

(AFP Photo/Oli Scarff)

Klopp menjelaskan, pihaknya sempat menolak transfer pada 2017 karena Liverpool tak menemukan pengganti sang pemain.

"Kami harus keras di musim panas karena kami tidak punya solusi lain. Kami kehilangan Adam Lallana karena cedera, kami juga akan kehilangan dua pemain. Itu tidak mungkin, Anda tidak bisa menyelesaikannya di bursa transfer."

"Coutinho terbuka untuk bertahan selama enam bulan dan itu benar-benar keren. Jadi, Anda harus adil di bursa dan mengatakan kami bisa mencari penggantinya. Kita tidak suka melakukannya, tapi kami bisa melakukannya di Januari 2018," Klopp menambahkan.

Pada akhirnya, uang dari hasil penjualan Coutinho digunakan Klopp untuk membeli Virgil van Dijk. Selang enam bulan, The Reds mendatangkan Alisson Becker. 

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya