Gara-Gara Virus Corona Covid-19, Warga Maluku Utara Takut ke Luar Negeri

Warga baru akan berangkat setelah negara yang dituju bebas virus Corona Covid-19.

oleh Hairil Hiar diperbarui 13 Mar 2020, 21:00 WIB
Warga baru akan berangkat setelah negara yang dituju bebas Corona.

Liputan6.com, Maluku Utara - Warga di Maluku Utara yang melakukan pengurusan paspor ke luar negeri menunda perjalanan mereka gara-gara virus Corona Covid-19 yang mulai melebar di beberapa negara. 

Sahmir, Kasubsi Pelayanan Dokumentasi Perjalanan Kantor Imigrasi Ternate menyatakan, pemberangkatan warga ini akan dilakukan setelah negara yang dituju bebas Corona.

"Jumlahnya ada 10 orang. Namun paspor yang dibuat pun hanya untuk bersiap-siap. Saat kita tanyakan, jawabnya itu belum berangkat. Mereka hanya bikin saja sambil menunggu negara yang dituju bebas virus corona," kata Sahmir, di Ternate, Rabu, 11 Maret 2020.

Sahmir menyatakan, 10 warga Ternate, Maluku Utara, yang mengurus paspor tersebut dengan tujuan ke Malaysia. Ia menambahkan, isu wabah Corona yang berkembang itu pun berdampak pada penurunan pemohon pembuatan paspor di Kantor Imigrasi setempat. 

Menurutnya, sebelum ada isu virus Corona ditemukan di beberapa negara saat ini, jumlah pemohon penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Ternate mencapai puluhan orang per hari. "Kalau sekarang jumlahnya menurun, hanya 5 sampai 10 orang per hari. Itu pun sudah termasuk dengan pemohon pembuatan paspor untuk ibadah umrah," tambahnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya