Cegah Kecelakaan, Lakukan Hal Sepele Ini Saat Berbelok atau Pindah Jalur

Kelalaian saat berbelok atau berpindah jalur sering kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Karena itu, pengendara motor sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting saat berkendara.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 29 Jan 2020, 09:11 WIB
Pengendara sepeda motor menerobos jalur pejalan kaki dan disabilitas di Jalan RS Fatmawati Raya, Cipete, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Kurangnya sanksi tegas bagi pengguna kendaraan di jalur pejalan kaki menyebabkan banyak pelanggaran terhadap jalur khusus tersebut. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Kelalaian saat berbelok atau berpindah jalur sering kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Karena itu, pengendara motor sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting saat berkendara.

Saat akan berbelok atau pindah jalur pemilik kendaraan tidak hanya mengandalkan lampu sein, karena ada beberapa bagian pada kendaraan yang tidak terlihat atau biasa disebut blind spot.

Seperti dilansir Federal Oil, hal lain yang perlu dilakukan setelah menyalakan sein adalah melihat kondisi bagian belakang kendaraan dari kaca spion.

Setelah memastikan aman, pengendara motor juga harus berada di jalur bagian kiri atau kanan saat akan berbelok. Pastikan juga keamanan saat hendak pindah jalur.

Apabila diurutkan, pengendara motor harus menyalakan lampu sein lalu melihat spion dan melihat belakang kanan atau kiri dalam hitungan detik. Setelah itu lihat area yang akan dituju, dan secara berlahan mengarahkan kendaraan.

 

2 dari 2 halaman

Perhatikan Situasi dan Kondisi

Banyak kecelakaan sepeda motor terjadi karena tabrakan dengan kendaraan dari arah belakang akibat kurangnya pemahaman saat hendak berbelok.

Karena itu, memperhatikan situasi dan kondisi sebelum berbelok atau pindah jalur penting dilakukan dan diperhatikan.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya