Morsi Bakal Perkuat Hubungan dengan Iran

Usai resmi dinyatakan sebagai Presiden terpilih Mesir, Mohamed Morsi menyatakan akan memperkuat hubungan dengan Iran. Hal itu, menurut dia, guna membangun keseimbangan yang strategis di wilayah tersebut.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Jun 2012, 22:58 WIB
Liputan6.com, Kairo: Usai resmi dinyatakan sebagai Presiden terpilih Mesir, Mohamed Morsi menyatakan akan memperkuat hubungan dengan Iran. Hal itu, menurut dia, guna membangun keseimbangan yang strategis di wilayah tersebut.

"Salah satu agenda saya adalah memperkuat hubungan antara Mesir dan Iran. Kami akan menciptakan keseimbangan strategis di kawasan Timur Tengah," kata Morsi kepada Kantor Berita Iran, FARS.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Iran mengucapkan selamat atas terpilihnya Morsi. Dalam pernyataanya, Kementerian Luar Negeri Iran memuji Mesir telah sukses menjalankan pesta demokrasi besar dengan terpilihnya Morsi tanpa adanya konflik.

"Rakyat Mesir sekali lagi menunjukkan ketegasan mereka dalam mewujudkan cita-cita pencarian keadilan yang mulia dari revolusi besar Mesir," kata kementerian.

Berdasarkan pengumuman Komisi Pemilihan Presiden Tertinggi Mesir (SPEC), Morsi terpilih sebagai presiden. Ia meraih 52 persen suara, atau sekitar 13 juta suara. Sementara rivalnya, mantan perdana menteri era Presiden Hosni Mubarak, Ahmed Shafiq hanya mengumpulkan sekitar 12 juta suara.(RZK/ANS/AFP)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya