Penyerang Bertopeng Menyerang Kampus, Puluhan Mahasiswa India Terluka

Para penyerang yang menggunakan topeng di India menyerang kampus. Akibatnya, sejumlah mahasiswa pun terluka.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 06 Jan 2020, 13:31 WIB
Perdana Menteri Narendra Modi (AP)

Liputan6.com, New Delhi - Lebih dari 20 orang terluka di sebuah universitas India yang bergengsi setelah para penyerang bertopeng memasuki kampus di New Delhi dan menyerang para mahasiswa dengan tongkat.

Di tengah-tengah ketegangan yang semakin memanas terkait undang-undang kewarganegaraan pemerintah dan kenaikan biaya sekolah siswa, video di media sosial muncul dan menunjukkan para penyerang berkeliaran di universitas Jawaharlal Nehru (JNU) di ibu kota New Delhi pada hari Minggu.

Mereka terlihat memukuli siswa dengan tongkat hingga menyebabkan 23 siswa terluka.

Dilansir dari The Guardian, Senin (6/1/2020), polisi mengatakan bentrokan itu terjadi di antara kelompok-kelompok mahasiswa yang bersaing, tetapi politisi oposisi menyalahkan masalah itu pada organisasi mahasiswa yang terkait dengan perdana menteri, Narendra Modi.

"Dua kelompok bentrok satu sama lain dan beberapa siswa terluka," kata seorang perwira senior polisi Delhi kepada wartawan.

"Administrasi universitas telah meminta polisi untuk masuk (kampus)," kata pejabat itu, sambil menambahkan, "Segalanya sudah terkendali sekarang."

Tetapi Sitaram Yechury, sekretaris jenderal partai Komunis India, menyebut serangan itu sebagai "kolusi" antara administrasi JNU dan "preman" dari sebuah kelompok mahasiswa yang terkait dengan Modi's Bharatiya Janata party (BJP).

"Ini adalah serangan yang direncanakan oleh mereka yang berkuasa, yang takut akan perlawanan yang diberikan oleh JNU," kata Yechury.

Polisi melakukan pertempuran di jalan-jalan dengan para siswa JNU pada bulan November setelah protes meledak karena kenaikan biaya di universitas.

Organisasi-organisasi mahasiswa JNU yang didominasi oleh faksi-faksi sayap kiri sejak itu menggelar demonstrasi, menuntut kebijakan kenaikan biaya sambil menghadapi tuduhan menghalangi pejabat administrasi.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Universitas Jadi Tempat Tak Aman

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Pada saat yang sama, India telah melihat serangkaian bentrokan keras yang telah menewaskan sejumlah warga di tengah protes atas undang-undang kewarganegaraan baru yang kontroversial, yang disahkan pemerintah Modi pada bulan Desember. Lebih dari 100.000 orang berbaris melalui kota Hyderabad pada hari Sabtu sebagai protes terhadap hukum.

Undang-undang tersebut memungkinkan New Delhi untuk memberikan kewarganegaraan yang dipercepat kepada minoritas dari tiga negara Islam tetangga yang memasuki India pada tanggal 31 Desember 2014, tetapi para kritikus mengatakan itu memarginalkan umat Islam di negara itu sebagai bagian dari agenda nasionalis Hindu yang lebih besar di Modi.

Pemerintah mengundang sejumlah bintang Bollywood dan tokoh-tokoh industri film ke sebuah pertemuan pribadi di Mumbai pada hari Minggu dalam upaya untuk mengumpulkan dukungan bagi undang-undang kewarganegaraan yang baru.

BJP menjauhkan diri dari insiden hari Minggu di JNU dan Akhil Bharatiya Vidhyarthi Parishad (ABVP), organisasi mahasiswa yang dipersalahkan atas kekerasan oleh oposisi, mengatakan bahwa 25 anggotanya terluka selama serangan kampus.

"Ini adalah upaya putus asa oleh pasukan anarki, yang bertekad untuk menggunakan siswa sebagai umpan meriam, (untuk) menciptakan keresahan untuk menopang jejak politik mereka yang menyusut. Universitas harus tetap menjadi tempat belajar dan pendidikan, ”kata BJP di Twitter.

Seorang pejabat di Institut Ilmu Kedokteran Semua India (AIIMS) di Delhi mengatakan bahwa sebagian besar yang terluka di rumah sakit sedang menjalani perawatan untuk "laserasi, luka, dan memar."

"Serangan brutal terhadap siswa & guru JNU oleh preman bertopeng, yang telah menyebabkan banyak orang terluka parah, mengejutkan," tulis Rahul Gandhi di Twitter, seorang politisi terkemuka dari partai oposisi utama Kongres.

Ketua Menteri Delhi, Arvind Kejriwal, mengatakan: "Bagaimana negara akan maju jika siswa kita tidak akan aman di dalam kampus (universitas)?"

Universitas bergengsi ini merupakan almamater sejumlah politisi India termasuk menteri luar negeri Subrahmanyam Jaishankar, menteri keuangan Nirmala Sitharaman dan pemenang hadiah ekonomi Nobel tahun ini Abhijit Banerjee.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya