BPJT Siapkan Skema Lalu Lintas Atasi Kemacetan di Puncak Saat Malam Tahun Baru

BPTJ menyatakan sudah menyiapkan berbagai cara mengantisipasi kemacetan di jalur Puncak, Bogor.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Des 2019, 15:36 WIB
Kendaraan bermotor terjebak antrean menuju kawasan Puncak di Tanjakan Selarong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/6/2019). Memasuki lebaran hari kedua, beberapa titik di kawasan Puncak mengalami kemacetan akibat tingginya tingkat kunjungan wisatawan domestik. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono mengaku sudah menyiapkan skema lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan jalur Puncak, Bogor pada saat Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Rekayasa lalu lintas ini, untuk meminimalisir terjadinya kemacetan pada saat malam puncak tahun baru.

"BPTJ akan fokus saat malam tahun baru di puncak sedang kami otak atik manajemen lalu lintas di sana nanti diatur dengan kepolisian," kata dia dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Bambang memastikan pada saat malam tahun baru tidak ada kendaraan yang melintas untuk naik. Nantinya, skema lalu lintas pada saat malam puncak tahun baru akan disipakan pihaknya bersama denyan kepolisian setempat.

"Fokus kami layani angkutan umum dari Jalarta ke puncak akan kami siapkan mulai tahun ini," tandasnya.

Seperrti diketahui, BPTJ kemacetan di kawasan Puncak Bogor sendiri hampir terjadi di setiap akhir pekan, atau saat liburan panjang.

Masyarakat yang hendak berlibur atau rekreasi di Puncak harus rela melewati antrean kendaraan belasan hingga puluhan kilometer sebelum tiba di destinasi wisata tujuan.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Jurus Korlantas Polri Lancarkan Libur Natal dan Tahun Baru

Arus lalu lintas jalur Puncak Bogor macet parah di kedua arah. (Achmad Sudarno/Liputan6.com)

Korps Lalu Lintas (​Korlantas) Polri menyiapkan sejumlah strategi untuk memperlancar liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Korlantas Polri Irjen Polisi Istiono mengatakan, beberapa strategi yang disiapkan di antaranya memperlancar arus, mengurangi titik kemacetan, mengurangi angka kecelakaan lalu lintas hingga memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

"Kami akan melayani dengan maksimal, baik di titik rest area maupun di titik peristirahatan walaupun bukan jalan tol," kata Istiono saat kunjungan pengoperasian Tol Layang Jakarta-Cikampek di Kilometer 10, dikutip dari Antara, Minggu (8/12/2019).

Istiono menyatakan, sinergitas dan kekompakkan antarinstansi sudah dilakukan sejak awal, bahkan telah rapat berkali-kali.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan Personil

Antrean kendaraan melintasi ruas Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Rabu (13/6). Pada H-2 Lebaran, kepadatan di ruas tol Jakarta-Cikampek disebabkan karena penyempitan jalur, lantaran ada proyek pembangunan LRT dan Tol Elevated. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Dia menegaskan, pihaknya telah menyiapkan personel untuk mengatur kelancaran lalu lintas, diantaranya di jalan tol, jalan arteri, lokasi wisata hingga area pelabuhan, laut dan udara.

"Semua titik sudah kita lakukan persiapan secara maksimal, termasuk tempat ibadah seperti gereja," kata Kakorlantas Istiono.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya