5 Tahun Jadi Menkominfo, Rudiantara Mengaku Masih Punya Banyak PR

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku senang bekerja sekaligus membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

oleh Bawono Yadika diperbarui 08 Okt 2019, 13:48 WIB
Menteri Komunikasi dam Informatika RI, Rudiantara memberi sambutan saat acara Uji Coba Teknologi 5G dan Fiberisasi Jaringan di Jakarta, Rabu (21/8/2019). Dalam uji coba XL memamerkan telekomunikasi virtual via hologram dengan memanfaatkan jaringan generasi kelima. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku senang bekerja sekaligus membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam 5 tahun masa pemerintahan ini.

Hal itu ia sampaikan di kantor Bukalapak saat menghadiri kerja sama antara Google Bisnisku dengan Bukalapak Selasa siang ini.

"Senang, senang sekali. Ya saya senang aja bantu Pak Jokowi, bantu Pak JK. Mudah-mudahan saya jadi pembantu yang baik," tuturnya di Kantor Bukalapak, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Rudiantara melanjutkan, ada banyak pekerjaan rumah yang masih perlu dibenahi, termasuk didalamnya mengembangkan infrastruktur teknologi di dalam negeri.

"Infrastruktur perlu dikedepankan, Palapa Ring sebetulnya konsepnya sudah sejak 2005 tapi baru diimplementasikan oleh kita 2015, alhamdulilah sudah selesai. Kedepan kita harus kembangkan infrastruktur (teknologi)," ujarnya.

Selain itu, pihaknya menegaskan, Kominfo juga akan sejalan dengan Pemerintah, yakni akan memangkas sejumlah regulasi yang menyulitkan investasi.

"Yang penting memudahkan masyarakat. Ada 90 peraturan yang dibunuh, saya tak berlakukan lagi. Entah itu karena duplikasi atau nyusahin maupun memang regulasinya sudah obsolete. Yang nyusahin rakyat tutup aja," tegasnya.

2 dari 4 halaman

Kesan Para Menteri Selama 5 Tahun Jadi Pembantu Jokowi-JK

Sidang kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/2/2015) pagi, membahas Pilkada serentak, Perppu perubahan UU tentang kelautan, dan tentang perumahan rakyat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dua pekan lagi, pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan berakhir. Jokowi sendiri akan memulai periode kedua kepemimpinannya bersama Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin.

Saat sidang kabinet pada Kamis, 3 Oktober 2019 lalu, di hadapan para anak buahnya Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan selama lima tahun ke belakang.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua menteri, semua kepala lembaga, atas kerja kerasnya selama lima tahun ini dalam membantu saya dan Bapak Jusuf Kalla dalam menjalankan visi dan program-program prioritas kita bersama," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, dalam rentang waktu lima tahun periode pertama, tentu ada banyak kenangan dan kesan dari para menteri yang selama ini membantu presiden. Berikut ini kenangan dan kesan para menteri Jokowi selama bergabung dalam Kabinet Kerja:

1. Menteri Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak bisa berkata banyak saat ditanya kesannya lima tahun bekerja bersama Presiden Jokowi di kabinet. Menurut dia, terlalu banyak kesan yang didapatnya selama menjadi menteri Jokowi.

Dia mengaku mendapat banyak pengalaman luar biasa selama lima tahun menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. "Terlalu banyak (kesan) buat diomong. Luar biasa," ucap Susi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Susi menyebut bahwa Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK) ada sosok yang luar biasa. Dia pun senang dapat bekerja di bawah komando dua tokoh itu.

"Saya kan seumur hidup tidak pernah kerja buat orang, baru kali ini, ya saya pikir senang luar biasa," kata Susi.

3 dari 4 halaman

2. Menteri Budi Karya

Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi memberi keterangan pers kasus kandasnya KM Lestari Maju (Liputan6.com/Eka Hakim)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan selama menjadi anak buah Jokowi, dia mendapat kesan bahwa Jokowi merupakan sosok pimpinan yang inspiratif.

"Pak Jokowi itu selalu menginspirasi dan ide-idenya beyond, di atas. Bahkan tidak saya pikirkan, ada ide," kata dia, di Stasiun KA Bandara Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Hal tersebut, jelas Budi, justru menjadi motor penggerak bagi para anak buah termasuk dirinya untuk bekerja lebih giat. Tentu dengan harapan dapat mencapai target yang telah dipatok.

"itu justru bagi kami, bagi saya dan beberapa menteri, justru menjadi tantangan, membangun memberikan semangat bagi kita. Bayangkan kita diberikan tantangan yang luar biasa, pasti kita bersemangat mencapainya," ujar Budi.

 
4 dari 4 halaman

3. Luhut Binsar Panjaitan

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memberi keterangan pers menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 di Hotel Akmani Jakarta, Senin (20/5/2019). Menko Luhut mengatakan bahwa situasi Indonesia aman meskipun ada beberapa gejolak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, memiliki kesan yang mendalam salama lima tahun membantu Presiden Jokowi.

"Kesan saya hampir 5 tahun saya menikmati kepemimpinan seorang Presiden yang kerja dengan hati, kerja dengan program yang jelas," kata Luhut.

Luhut menambahkan jika Presiden Jokowi selalu memberikan contoh yang baik kepada anak buahnya.

"Beliau memberikan contoh yang bagus, memberikan kewenangan kepada menteri-menteri di bawahnya untuk berkarya dan bekerja dengan cepat dan itu menguntungkan Indonesia," ujar Luhut. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya