Menikmati Wajah Baru Taman Air Menari Taman Pintar Yogyakarta

Berbeda dengan sebelumnya, Taman Air Menari hadir dengan wajah baru berkonsep kincir angin.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 04 Jul 2019, 06:00 WIB
Taman Air Menari, salah satu wahana bermain dan edukasi di Taman Pintar Yogyakarta, kembali dibuka untuk umum, Selasa (2/7/2019). (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Liputan6.com, Yogyakarta Taman Air Menari, salah satu wahana bermain dan edukasi di Taman Pintar Yogyakarta, kembali dibuka untuk umum, Selasa (2/7/2019). Wahana ini sempat direnovasi selama beberapa waktu dan dihadirkan lagi dengan wajah baru untuk menyambut pengunjung mengisi liburan sekolah.

Berbeda dengan sebelumnya, Taman Air Menari hadir dengan wajah baru berkonsep kincir angin. Tampilan baru tidak lantas mengubah fungsi dan tujuan dari wahana ini, sebab pembaruan yang dilakukan merupakan bagian dari perawatan sejak wahana ini dibuka pada 2008.

Taman Air Menari merupakan wahana luar ruangan yang terletak di area Playground Taman Pintar. Wahana ini dilengkapi dengan fasilitas ruang bilas yang menggunakan sensor otomatis serta area bermain yang luas dan nyaman. Seluruh fasilitas yang ada di area ini didesain dengan memperhatikan unsur keselamatan bagi anak dan keluarga.

Wahana ini banyak diminati oleh anak-anak dan orangtua karena memberi kesempatan kepada anak-anak untuk melatih motorik dan daya tahan tubuh melalui permainan air sehingga anak bisa menyalurkan kecintaan bermain air.

“Ini jadi dukungan terbaru kami untuk anak-anak dan keluarga di Yogyakarta, sekaligus perwujudan misi One Planet One Health untuk membawa kesehatan melalui nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih,” ujar Karyanto, Sustainable Development Director Danone Indonesia.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 Kementerian Kesehatan mencatat 33,5 persen masyarakat Indonesia di atas usia 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik bermanfaat untuk kebugaran badan, menstimulus motorik halus dan kasar, serta membantu peneyerapan nutrisi pada masa tumbuh kembang anak.

“Kami berinisiatif menyediakan wahana yang dapat mengakomodasi aktivitas fisik anak,” ucapnya.

Taman Pintar sudah bekerja sama dengan Danone sejak awal pembangunan. Sampai saat ini Taman Pintar mendukung misi Danone untuk menyediakan sarana yang dapat mengembangkan kecerdasan dan kemampuan anak. Selain Taman Air Menari, wahana lain yang difasilitasi Danone, meliputi, Jejak Nutrisi, Zona Kebaikan Air, serta Paud Barat dan Timur.

 

2 dari 2 halaman

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bermain di Taman Air Menari

Taman Air Menari, salah satu wahana bermain dan edukasi di Taman Pintar Yogyakarta, kembali dibuka untuk umum, Selasa (2/7/2019). (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Pembukaan wahana ini diawali dengan talkshow yang bertujuan untuk menggalakkan gaya hidup sehat dalam keluarga dengan membiasakan konsumsi nutrisi seimbang melalui program Isi Piringku dan aktivitas fisik yang cukup.

“Lewat Taman Air Menari, anak-anak bisa bersosialisasi dan melatih motorik, serta belajarperilaku hidup bersih,” ujar Wailayati Ningsih, Sustainable Development Health Nutrition Senior Manager Danone Indonesia.

Ia juga berpesan kepada orangtua untuk memperhatikan sejumlah hal sebelum dan sesudah bermain di Taman Air Menari. Pertama, jangan lupa mandi setelah bermain di tempat penuh air. Kedua, anak harus mencuci tangan sesudah bermain dengan menggunakan sabun.

Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Maryustion Tonang, mengapresiasi dukungan Danone Indonesia terhadap Taman Pintar, terlebih wahana bermain itu sudah 11 tahun tidak diperbarui.

“Perubahan di beberapa destinasi wisata Yogyakarta sudah jadi kebutuhan supaya kunjungan wisata tidak berkurang” tuturnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya