Menang Pilpres 2019, Jokowi Dapat Ucapan Selamat dari PM Singapura

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, pada Selasa 21 Mei 2019, mengucapkan selamat kepada Presiden RI Joko Widodo.

oleh Rizki Akbar Hasan diperbarui 21 Mei 2019, 17:24 WIB
Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsein Loong. (Biro Pers Istana)

Liputan6.com, Singapura - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, pada Selasa 21 Mei 2019, mengucapkan selamat kepada Presiden RI Joko Widodo atas terpilihnya kembali untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. KPU menyebut, jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601.

Merespons kemenangan Jokowi - Ma’ruf dalam sebuah pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com (21/5/2019), PM Singapura Lee Hsien Loong mengatakan:

"Selamat dari saya atas terpilihnya kembali Anda sebagai PresidenRepublik Indonesia! Mandat kuat yang Anda terima mencerminkan kepercayaan yang telah ditunjukkan oleh orang Indonesia dalam kepemimpinan berkelanjutan Anda, dan visi Anda untuk mengangkat kehidupan semua orang Indonesia."

"Selama masa jabatan pertama Anda, hubungan Singapura-Indonesia dibuatkemajuan yang signifikan. Kami bersama-sama meluncurkan Taman Industri Kendal pada tahun 2016, dan memperingati 50 tahun hubungan bilateral ("RISING 50") pada 2017."

"Kami bekerja sama erat di banyak bidang, termasuk perdagangan dan investasi, digital ekonomi, peningkatan keterampilan, pariwisata, dan pertahanan dan keamanan. Hubungan kita dalam kondisi sangat baik."

"Saya berharap dapat bekerjasama dengan Anda untuk membangun apa yang telah kita capai dan untuk mencari peluang baru untuk kerja sama manfaat rakyat kita," lanjut sang PM Singapura.

"Ho Ching (Istri Lee) dan saya berharap Anda dan lbu Iriana terus sehat dan sukses. Saya berharap dapat melihat Anda di KTT ASEAN di Bangkok bulan berikutnya."

2 dari 3 halaman

PM Malaysia Ucapkan Tahniah

Presiden Joko WIdodo (Jokowi) berbincang dengan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad di Istana Bogor, Jumat (29/6). Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi secara resmi oleh PM Mahathir usai dilantik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Merespons kemenangan Jokowi - Ma’ruf dalam sebuah unggahan di Twitter, PM Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan, "Saya ucap tahniah kepada Bapak @jokowi atas kemenangan secara rasmi sebagai Presiden Republik Indonesia," ujarnya dalam unggahan di Twitter pada 21 Mei 2019.

"Saya berharap kerjasama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," lanjut sang PM Malaysia.

3 dari 3 halaman

PM India Ucapkan Selamat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PM India, Narendra Modi bermain layang-layang di halaman Monas, Jakarta, Rabu (30/5). Keduanya melakukan perayaan 70 tahun hubungan bilateral secara simbolik dengan saling membawa layangan. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Perdana Menteri India Narendra Modi juga mengucapkan selamat kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih pada Selasa (21/5/2019).

Dalam sebuah unggahan di Twitter, PM Modi mengatakan, "Selamat kepada @jokowi atas kembali terpilihnya Anda! Sebagai dua negara demokrasi terbesar dunia, kita merasa bangga atas kesuksesan perayaan demokrasi. Kami mengharapkan Anda dan warga Indonesia meraih kesuksesan di bawah kepemimpinan Anda yang dinamis."

"Saat bangsa kita merayakan tujuh dekade hubungan diplomatik, saya ingin bekerjasama erat dengan Anda untuk memperdalam hubungan bilateral Kemitraan Strategis Komprehensif," lanjut Modi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya