Survei BI: Inflasi Capai 0,14 Persen hingga Minggu IV Maret 2019

BI menyatakan inflasi masih disumbang oleh tingginya harga bawang merah dan mahalnya tiket pesawat.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Mar 2019, 15:51 WIB
Pedagang mengambil bumbu di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (3/4).Badan Pusat Statistik mencatat inflasi Bulan Maret 2018 sebesar 0,20 persen sehingga inflasi tahun kalender mencapai 0,99 persen (year to date). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,14 persen secara month to month (mtm) pada minggu terakhir Maret 2019.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo saat ditemui di Mesjid kompleks BI, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

"Berdasarkan pemantauan harga sampai dengan minggu IV, pada Maret 2019 diperkirakan terjadi inflasi sebesar 0,14 persen (mtm)," kata dia.

Sementara itu, jika dilihat secara tahunan laju inflasi tercatat 2,51 persen year on year (yoy) atau secara tahun kalender 0,39 persen (ytd).

Dody mengungkapkan, inflasi ini masih disumbang oleh tingginya harga bawang merah dan mahalnya tiket pesawat. 

"Inflasi yang relaitf seperti dari bawang merah kemudian masalah angkutan udara meksipun kontribusinya semakin kecil sekitar 0,02. Artinya sudah dengan inflasi itu cukup moderat bahkan bisa dikatakan itu masih sangat kecil," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

 

2 dari 2 halaman

Penyumbang Inflasi

Pedagang merapikan barang dagangannya di Tebet, Jakarta, Senin (3/10). Secara umum, bahan makanan deflasi tapi ada kenaikan cabai merah sehingga peranannya mengalami inflasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Penyumbang inflasi Maret 2019 antara lain berasal dari bawang merah (0,13 persen), bawang putih (0,04 persen), angkutan udara (0,02 persen), cabai rawit (0,01 persen), dan air minum kemasan (0,01 persen).

Sementara itu, Dody menambahkan, beberapa komoditas yang menyumbang deflasi adalah daging ayam ras (-0,06 persen), telur ayam ras (-0,02 persen), beras, wortel, dan bensin masing-masing sebesar -0,01 persen.

"Bank sentral menilai, dengan angka inflasi tetap atau masih sejalan dengan target BI hingga akhir tahun berada pada angka 3,5 persen plus minus 1 persen," kata dia.

Selain itu, dia menegaskan angka inflasi yang rendah juga tidak berarti terjadi penurunan daya beli masyarakat.  "Inflasi rendah tidak mencerminkan daya beli kita turun," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya