Pertumbuhan Sektor Pariwisata Berdampak Positif bagi Industri Jasa Boga

Pertumbuhan sektor pariwisata turut memberikan dampak positif bagi ke sektor usaha lain.

oleh Septian Deny diperbarui 25 Feb 2019, 10:51 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga melihat hasil produksi wirausaha pemula saat sinergi program pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMK dengan pemerintah daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lombok, Jumat (12/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan sektor pariwisata turut memberikan dampak positif bagi ke sektor usaha lain. Salah satunya industri jasa boga yang menawarkan beragam kuliner khas Nusantara.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) AAGN Puspayoga mengatakan, industri jasa boga berperan penting dalam menggerakkan ekonomi di daerah. Terlebih sebagian besar pelaku industri ini merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Industri jasa boga akan berkembang juga jika industri pariwisata tumbuh. Lebih spesifik lagi adalah kuliner tradisional di mana para turis domestik dan mancanegara dipastikan akan tertarik dengan kuliner tradisional," ujar dia di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Di sisi lain, ucap Puspayoga, ada wadah perkumpulan para pengusaha jasa boga, seperti Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI), yang ‎berperan penting dalam pengembangan kuliner Nusantara. Sebab, melalui asosiasi ini, para pengusaha bisa melakukan promosi bersama dalam rangka memperkenalkan makanan khas Indonesia di mata dunia.

"APJI memiliki peranan penting dalam memperkaya khasanah kuliner tradisional Indonesia. Keberadaan APJI juga dinilai strategis dalam meningkatkan daya saing kuliner di Tanah Air serta mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia baik di dalam dan luar negeri," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Kuliner Khas Nusantara

Dua kuliner lezat itu menjadi santapan pembuka Festival Kuliner Soto serta Sate Nusantara yang ikut meramaikan momentum TdS 2016.

Sementara itu, Ketua Umum APJI Rahayu Setiowati mengatakan, dalam rangka mendorong industri jasa boga nasional, pihaknya akan terus mencari terobosan untuk memperkenalkan kuliner khas Nusantara kepada para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

"Untuk ke depan APJI yang di pimpin oleh saya akan mengikuti dan melanjutkan program kerja dari pemerintah. Mendorong APJI untuk mencari terobosan baru yang dapat meningkatkan bisnis kuliner para anggota," ucap dia.

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya