Tampil Sporty, Iriana Jokowi Ikut Bersihkan Pantai di Hari Peduli Sampah Nasional

Sebelum bersihkan pantai, Iriana Jokowi sempat ikut senam Tobelo bersama warga.

oleh Henry Hens diperbarui 20 Feb 2019, 17:45 WIB
Kunjungan kerja Ibu Negara Iriana Jokowi di Ambon menyambut Hari Peduli Sampah Nasional. foto: Dokumentasi Biro Pers Setpres

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali hari kedua kunjungan kerja di Provinsi Maluku, Rabu (20/2/2019), Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Ambon. Pada hari itu, ia ikut kerja bakti membersihkan Pantai Galala Hative Kecil, Kota Ambon.

Dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden yang diterima Liputan6.com, kegiatan itu dilakukan Iriana bersama anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK). Kegiatan itu diadakan sekaligus untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang jatuh pada 21 Februari 2019.

Saat tiba di Pantai Galala Hative Kecil sekitar pukul 06.15 WIB, Iriana tampil sporty. Ia mengenakan kaus putih dibalut jaket, dan sneakers coklat, lengkap dengan topi berwarna krem. Sebelum kerja bakti, ia terlebih dahulu melakukan senam Tobelo Maluku.

Usai senam, Iriana dan rombongan kemudian melakukan ‘operasi semut’, yaitu memunguti sampah-sampah yang ada di sekitar bibir pantai. Dengan memakai sarung tangan karet dan karung tempat sampah, nenek Jan Ethes Srinarendra ini ikut mengambil sampah yang berserakan.

Salah satu anggota OASE-KK, Ratnawati Jonan mengatakan, program ini merupakan salah satu program yang dicanangkan Iriana. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi jumlah sampah plastik.

"Ini merupakan salah satu program yang sangat bagus yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat sampai kepada sekolah-sekolah tentang bahaya sampah plastik dan bagaimana mengurangi sampah plastik," tutur Ratnawati.

2 dari 2 halaman

100 Tempat Sampah

Kunjungan kerja Ibu Negara Iriana Jokowi di Ambon menyambut Hari Peduli Sampah Nasional. foto: Dokumentasi Biro Pers Setpres

Iriana berharap kegiatan ini bisa terus berlangsung ke depannya. Ia juga berpesan kepada istri Gubernur Maluku, Retty Asegaf, agar Pantai Galala Hative Kecil ini terus dijaga kebersihannya.

"Gerakan ini tidak hanya hari ini saja. Saya serahkan kepada Ibu Gubernur untuk bersih-bersih pantai sampai bersih dan ini juga selanjutnya akan sosialisasi ke berbagai organisasi yang ada di Kota Ambon," kata Iriana.

Tak hanya membersihkan pantai, pada kesempatan itu Iriana Jokowi dan rombongan juga menyerahkan sumbangan berupa tempat sampah. Sebanyak 100 buah tempat sampah diserahkan kepada perwakilan tokoh masyarakat di Maluku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya