Pesona Batik Lawasan Solo Belum Pudar

Motif batik lawasan Solo yang masih banyak diminati masyarakat adalah kawung dan parang. Apakah anda termasuk penggemarnya?

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Jan 2019, 21:30 WIB
Motif batik lawasan Solo yang masih banyak diminati masyarakat adalah kawung dan parang. Apakah anda termasuk penggemarnya?

Solo - Batik motif lawasan masih menjadi favorit konsumen di Kota Solo meski makin banyak motif baru yang saat ini sedang dikembangkan oleh perajin. Motif lawasan seperti kawung dan parang dengan warna-warna sogan masih sangat diminati.

"Kalau konsumen saya justru tidak begitu suka dengan motif baru dengan warna-warna cerah," kata salah seorang perajin batik Muhammad Tomi Tamsis di sela-sela pameran batik di Mal Solo Square, Kamis (3/1/2018), dilansir Antara.

Ia mengatakan batik yang banyak diminati oleh konsumen mulai harga Rp 100 ribu-300 ribu per potong. Menurut dia, peminat batik lawasan tersebut bukan hanya dari dalam Kota Solo tetapi juga dari luar kota.

"Saya sudah melayani pemesanan hingga Medan, Palembang, dan Jakarta. Sejauh ini penjualan dari pemesanan ini malah lebih bagus jika dibandingkan melalui toko," kata pemilik Toko Batik Kawung Solo ini.

Penjual batik lainnya, Reni mengatakan motif lawasan masih diminati konsumen baik itu dalam bentuk pakaian maupun kain. Khusus untuk pakaian, model yang banyak dicari adalah setelan atau atasan dan bawahan.

"Kami banyak memproduksi dengan harga di kisaran Rp 1,5 juta. Kalau atasan pria saja harganya sekitar Rp 350.000- Rp 500.000 per potong," katanya.

Sebelumnya, Ketua Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan (FPKBL) Surakarta Alpha Fabela Priyambodo mendorong para pembatik mampu menciptakan motif baru untuk mencerminkan Solo yang kekinian. Ia mengatakan untuk motif kontemporer ini, pembatik bisa mengambil simbol apapun yang identik dengan Kota Solo.

"Meski demikian, harus dipastikan bahwa ide tersebut original atau tidak meniru motif yang sudah dibuat oleh pembatik lain. Harapannya ini bisa mendongkrak penjualan," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya