Polisi Turunkan Suporter Persija yang Naik di Kap Mobil Saat Konvoi

Polisi juga telah melakukan rekayasa lalu lintas dan mengerahkan 712 personel.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Des 2018, 11:05 WIB
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, konvoi merayakan gelar Piala Presiden dengan melintasi Senayan hingga Monas, Jakarta, Minggu (18/2/2018). Persija meraih juara setelah mengalahkan Bali United. (Bola.com/Asprilla Dwi Adha)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengimbau para Jakmania tak duduk di atas kap mobil saat mengikuti konvoi kemenangan Persija Jakarta. Dia meminta supporter kooperatif dan tetap memperhatikan keselamatan berlalu lintas.

"Kita turunkan juga yang naik di atas kap mobil itu karena bahaya, keselamatan mereka, dan mereka turun, kita imbau turun," kata Yusuf saat dihubungi wartawan, Sabtu (15/12/2018).

Polisi juga telah melakukan rekayasa lalu lintas dan mengerahkan 712 personel yang ditempatkan di sejumlah titik guna mengurai kemacetan konvoi Macan Kemayoran.

"Kita laksanakan rekayasa lalu lintas dari tempat-tempat dari mulai start sampai finish kita laksanakan pengalihan terhadap beberapa lokasi sehingga tidak terjadi stuck atau berhenti pengguna kendaraan yang lain selain dari pada suporter Persija," terang Yusuf.

Pawai kemenangan Jakmania dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Mereka sudah bertolak ke Balai Kota Jakarta dengan rute Senayan-Sudirman-Thamrin. Sejauh ini konvoi Persija berjalan lancar. Lalu lintas di sekitar terpantau normal.

"Lancar tetap jalan, tapi kan banyak yang jalan kaki jadi lambat," tandas Yusuf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Penuhi Balai Kota Jakarta

Sementara itu, ratusan pendukung Persija atau Jakmania mulai memadati Jalan Medan Merdeka Selatan atau depan Balai Kota Jakarta. Mereka membawa segala atribut, mulai dari ikat kepala, syal hingga bendera.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (15/12/2018) pagi, mereka langsung menyanyikan berbagai yel-yel. Bahkan mereka juga menyanyikan lagu ondel-ondel secara bersamaan.

Meskipun rombongan Persija belum datang, kemeriahan di depan Balai Kota Jakarta sudah berasa. Trotoar di Jalan Medan Merdeka Selatan pun mulai dipadati para pedagang atribut Persija.

Tak hanya itu, Jalan Medan Merdeka Selatan juga sudah mulai ditutup. Sebab rombongan Persija dan Jakmania sudah bertolak menuju Balai Kota Jakarta. Mereka beranjak dari pintu satu Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Sejumlah bus toilet dan mobil pemadam kebakaran juga sudah disiapkan di sekitaran kantor kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya