Relief dan Batuan Candi Ditemukan di Magelang

Warga Magelang, Jateng, menemukan puluhan batu candi dan sebuah relief saat bekerja bakti. Warga menduga batu dan relif tersebut merupakan bagian dari Candi Borobudur.

oleh Liputan6 diperbarui 27 Jan 2012, 06:55 WIB
Liputan6.com, Magelang: Warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, baru-baru ini, menemukan belasan batu candi dan relief. Di Dusun Mendalan, warga menemukan sebuah relief batu yang menggambarkan orang tengah bertapa. Mereka menemukan secara tidak sengaja, yakni di bawah tanah saat sedang membuat jalan desa.

Pada saat bersamaan, warga Dusun Nampan yang bertetangga juga menemukan belasan batu candi yang diduga sebagai dasar stupa di bekas rumah. Bebatuan itu ditemukan dalam kondisi tertutup tanah dan semak belukar. Sudarto, kepala Desa setempat, mengatakan penemuan ini sudah dilaporkan dan sebagian sudah diamankan ke pihak Balai Konservasi Peninggalan Purbakala Candi Borobudur.

Pihak Balai Konservasi Peningalan Candi Borobudur belum bisa memastikan apakah batu dan relief tersebut bagian dari candi Borobudur.

Catatan Liputan 6 SCTV menunjukkan, sejak 2010 hingga Januari 2012, sudah empat kali terjadi penemuan di daerah Tanjungsari, desa yang berdekatan dengan Candi Borobudur.(BOG)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya