8 Lingkar Kemudi Mobil Paling Unik di Dunia

Nasib roda kemudi dianggap akan segera punah. Lantaran di masa depan, era kendaraan otonom atau nirsopir membuat orang tak lagi wajib memegang lingkar kemudi untuk mengendalikan arah laju mobil.

oleh Herdi Muhardi diperbarui 06 Nov 2018, 17:10 WIB
Pada 1999, BMW melakukan banyak visioner untuk sebuah mobil yang diterapkan pada BMW Z22. Mobil tersebut kala itu memiliki 70 inovasi pada teknsi dan 61 penemuan perintis. Termasuk lingkar kemudi dengan beragam tombol multi fungsi. (Carbuzz)

Liputan6.com, Jakarta - Setir atau roda kemudi jadi alat kontak pertama antara manusia dan mobil. Tak sedikit yang menyatakan, roda kemudi yang baik akan terasa nyaman meskipun mesin mobil belum dalam kondisi menyala.

Namun sayang, nasib roda kemudi ini dianggap akan segera punah. Lantaran di masa depan, era kendaraan otonom atau nirsopir membuat orang tak lagi wajib memegang lingkar kemudi untuk mengendalikan arah laju mobil.

Kendati demikian, roda kemudi dirancang sudah sangat lama. Bahkan untuk menarik konsumen, sejumlah pabrikan sempat membuat desain lingkar kemudi tampak berbeda dan juga unik.

Karena itu, Carbuzz, merangkum beberapa lingkar kemudi yang nyatanya sangat berbeda dan unik.

Lingkar kemudi yang pernah dibuat ini sudah sempat dipamerkan dalam bentuk konsep maupun terealisasi jadi produk masal.

Nah, berikut ini foto-foto lingkar kemudi paling unik yang pernah dibuat:

2 dari 3 halaman

1. Maserati Boomerang

Maserati Boomerang ini memang dibuat hanya sebatas konsep yang didesain Giugiaro. Uniknya desain lingkar kemudi ini banyak beragam tombol di bagian tengah. (Carbuzz)

2. Lancia Stratos Sibilo

Lancia Statos Sibilio konsep dibuat pada 1978 dengan mengusung kesan tradisional dibagian kabin. Unikya, meskipun bagian roda kemudi memiliki banyak fungsi namun desain steer ini mirip mainan untuk anak-anak. (Carbuzz)

3. Mazda MX-03

Mazda MX-03 ini sempat hadir dalam bentuk mobil sport konsep pada 1985. Mobil ini sempat disebut mirip Honda NSX, akan tetapi secara interior mirip sebuah pesawat jet tempur daripada supercar. Salah satunya pada bagian lingkar kemudi. (Carbuzz)

4. Bartone Lamborghini Athon

Lamborghini Athon, mobil konsep tanpa atap ini didesain oleh Marc Deschamps dengan mengusung mesin V8. Desain mobil ini juga cukup unik, lantaran selain dibuat dari kayu, steet juga terlihat melayang pada tidak. (Carbuzz)
3 dari 3 halaman

5. Citroen Osmose

Lingkar kemudi Citroen Osmose ini terinspirasi dari model layar sentuh yang ada pada tablet, smartphon bahkan sistem infotaiment lainnya. Meski dibuat baru secara konsep, namun secara pemikiran cukup inovasi dan visioner. (Carbuzz)

6. Pagani Zonda R

 

Serat karbon, Alcantara, bahan aluminium menghiasi interior Pagani Zonda R. Tampilan lingkar kemudi juga terlihatkeren lantaran banyak tombol sehingga terlihat kesan mobil balap. (Carbuzz)

7. BMW Z22

 

Pada 1999, BMW melakukan banyak visioner untuk sebuah mobil yang diterapkan pada BMW Z22. Mobil tersebut kala itu memiliki 70 inovasi pada teknsi dan 61 penemuan perintis. Termasuk lingkar kemudi dengan beragam tombol multi fungsi. (Carbuzz)

8. Ford Wrist Twist

Lingkar kemudi yang unik ini adalah Ford Wrist Twist, mobil konsep tersebut sempat dibuat pada 1965. Kala itu, Ford memang untuk pertama kali pamer teknologi otomotif, dan termasuk menghilangkan lingkar kemudi yang lebar. (Carbuzz)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya