5 Trik Ini Bisa Bebaskan Anda dari Jeratan Utang

Sedang terjerat utang? Gunakan 5 tips ini untuk melunasinya.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Nov 2018, 18:00 WIB
Ilustrasi utang | Sumber Foto: kiplinger.com

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang kemungkinan besar pernah berutang. Memiliki utang tidak selalu buruk. Namun jika tidak dikelola, utang tersebut bisa membengkak dan akhirnya Anda kesulitan melunasinya.

Terbebas dari utang bukanlah sesuatu yang mustahil. Seperti target-target besar lainnya, yang dibutuhkan hanyalah sebuah perencanaan yang tepat. Mengutip Lifehack, berikut 6 trik cermat terbebas dari utang.

1. Identifikasi utang

Ada utang yang buruk dan ada utang yang baik. Jenis utang yang buruk misalnya tunggakan kartu kredit, utang pinjaman otomatis, dan utang pinjaman konsumen. Sementara utang yang baik seperti pinjaman pelajar, hipotek, atau bisnis. 

Hitung jumlah utang Anda dan klasifikasi jenis utangnya. Kemudian atur prioritas atas utang-utang tersebut. Tentukan utang mana yang harus segera dibayar. Fokuskan untuk melunasi jenis utang yang buruk terlebih dahulu, kemudian prioritaskan utang dengan bunga tertinggi.

2 dari 3 halaman

2. Setel pengingat untuk melacak utang

Ilustrasi Stres karena terjerat utang | foto : istimewa

Melacak utang secara berkala penting untuk memastikan Anda segera melunasinya. Mulai dengan sebuah pengingat mingguan dimana Anda bisa mencatat dan memperbarui jumlah utang, apakah itu naik, turun, atau tidak berubah. 

Memeriksa utang ini juga bisa menjadi motivasi saat Anda melihat jumlah utang berkurang. Buat juga target mingguan dan bulanan sehingga Anda memiliki pencapaian-pencapaian jangka pendek.

3. Sembunyikan kartu kredit

Jika utang terbesar Anda berasal dari tunggakan kartu kredit, Anda perlu menyingkirkan segala bentuk godaan dan memindahkan kartu kredit Anda dari dompet.

Beberapa orang bahkan menggunakan metode yang ekstrim seperti membekukan kartu kredit mereka di lemari pendingin. Membekukan kartu kredit Anda menjadi balok es artinya Anda memiliki waktu untuk mempertimbangkan kembali sebelum menggunakan kartu kredit.

3 dari 3 halaman

4. Hidup Hemat

Jangan mentang-mentang habis dapat tunjangan hari raya (THR) semuanya pengin dibeli, ini tips belanja hemat jelang Lebaran. (Ilustrasi: Pexels.com)

Satu-satunya cara keluar dari jeratan utang adalah mengorbankan kebiasaan pengeluaran Anda. Carilah cara menghemat setiap bulannya sehingga penghematan itu bisa Anda aplikasikan untuk melunasi utang.

Ini bisa Anda lakukan misalnya dengan mencari atau tinggal dengan teman sekamar sehingga biaya tempat tinggal bisa ditanggung bersama. Siapkan makan siang dan malam Anda sendiri alih-alih keluar makan.

Berhentikan langganan-langganan yang kurang penting seperti majalah atau tv kabel. Gunakan transportasi umum atau bersepeda untuk berangkat kerja sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk bensin.

5. Cari bunga terendah

Semakin tinggi bunga, akan semakin lama dan sulit pula bagi Anda untuk melunasi utang Anda. Oleh karena itu, jika Anda harus berutang sebisa mungkin cari cara untuk menekan suku bunga. Suku bunga yang rendah ini bergantung pada seberapa bagus rasio kredit Anda. 

Rasio kredit akan sangat berdampak pada kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman dan menerima suku bunga yang lebih rendah. Jika Anda memiliki skor kredit yang rendah, Anda akan sulit membiayai pinjaman Anda.

Keluar dari masalah utang memang tidak mudah. Dibutuhkan pengorbanan dan kerja keras, ditambah dengan tantangan dan godaan harus dihadapi. Namun, melunasi utang menjadi kunci agar kondisi keuangan Anda kembali stabil. (Felicia Margaretha)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya