Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun, Mungkin Ini 4 Penyebabnya

Meski olahraga dan diet tetap dilakukan, berat badan tak menunjukkan tanda-tanda penurunan di atas timbangan. Rupanya masalah ini ada alasannya.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 04 Sep 2018, 20:40 WIB
Ilustrasi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga dan diet adalah mantra yang mengiang di telinga setiap orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun, Anda pasti setuju betapa sulitnya melakukan kedua hal itu secara bersamaan.

Karena semua itu tak melulu berjalan mulus. Meski olahraga dan diet tetap dilakukan, berat badan kita masih saja gemuk dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan di atas timbangan.

Rupanya, ada alasan di balik kejadian ini. Menurunkan berat badan bukan perkara mengurangi makan tapi juga bicara soal niat dan kegigihan. Jika Anda mengalami masalah ini, sebaiknya melakukan introspeksi terlebih dahulu.

Seperti dikutip dari laman Verywellfit.com, Selasa (4/9/2018), berikut 4 alasan mengapa berat badan Anda tak kunjung turun meski sudah melakukan diet:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Sikap Anda

Ilustrasi Berat Badan (iStock)

Salah satu faktor penyebab sulitnya menurunkan berat badan disebabkan oleh sikap Anda sendiri. Butuh keseriusan yang dicerminkan dari sikap diri agar proses ini bisa berjalan lancar.

Untuk menurunkan berat badan butuh waktu. Sikap malas-malasan Anda akan mengakibatkan proses menguruskan badan tidak ada guananya. Jangan hanya semangat diawal saja tetapi ke depan dan seterusnya tidak dilakukan dengan serius.

Ingatkan diri Anda untuk terus berolahraga sehingga lemak-lemak yang ada di dalam tubuh bisa terbakar.

 

3 dari 5 halaman

2. Gaya Hidup Anda

Ilustrasi (iStock)

Jika Anda ingin hidup sehat, Anda harus bersedia mengubah cara hidup Anda. Itu tidak berarti mengubah segalanya dalam semalam, tetapi harus dilakukan lewat serangkaian proses.

Buang jauh-jauh kebiasaan buruk. Mulai dari begadang hingga minum alkohol. Anda mungkin harus bangun lebih awal untuk menyiapkan makan pagi.

menggunakan jam makan siang Anda untuk berolahraga, atau berjalan-jalan setelah bekerja daripada menonton TV.

 

4 dari 5 halaman

3. Orang Sekitar Memengaruhi

Diet detoks usai Lebaran (iStock)

Rupanya, upaya untuk menurunkan berat badan juga dipengaruhi oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Saat Anda sedang diet, tetapi tergoda dengan teman sekantor maka itu sama saja.

Imbangi dengan bergaul bersama orang-orang yang menjalankan hidup sehat. Dengan cara ini, keyakinan Anda akan kuat dan tak goyah apabila ada teman kantor yang mengajak Anda untuk gagal diet.

 

5 dari 5 halaman

4. Pastikan Program Diet Anda Benar

Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu diet dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. (iStock)

Selama ini Anda sudah mengaku diet tetapi berat badan tak kunjung turun. Ini tentu akan membuat frustasi dan putus asa. Sebenarnya itu semua terletak pada apakah program diet Anda sudah benar atau tidak.

Diet itu bukan hanya perkara soal mengurangi makanan yang diasup. Tetapi bicara soal apa yang harus kita asup. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Proses diet akan tergantung pada metabolisme Anda. Dokter akan memberi saran makanan apa yang harus dimakan dan yang tidak. Seperti apa kadar garam atau manis yang juga harus dikonsumsi.

Karena jika salah melakukan program diet, maka berat badan Anda tidak akan pernah turun.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya