5 Trik Sederhana Bikin Karyawan Betah di Kantor

Berikut ini lima cara ilmiah sederhana untuk meningkatkan kenyamanan di perusahaan Anda

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 23 Agu 2018, 08:40 WIB
ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Setiap manajer ingin karyawan mereka senang datang bekerja setiap hari, dan untuk alasan yang baik, karyawan yang senang bekerja lebih produktif daripada pekerja yang sengsara.

Jika bisnis Anda membutuhkan perubahan budaya perusahaan, mungkin akan lebih mudah untuk mencapainya daripada yang Anda pikirkan. Mulai dari perubahan dekorasi kecil hingga manfaat dari fleksibilitas jadwal. Ada banyak cara untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan dan meningkatkan bisnis Anda.

Berikut ini lima cara ilmiah sederhana untuk meningkatkan kenyamanan di perusahaan Anda, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Gunakan psikologi warna

Salah satu cara terbaik untuk menambahkan kepribadian ke kantor Anda adalah dengan menambahkan sedikit warna. Dengan sedikit cat, Anda dapat mengubah tempat kerja menjadi ruang yang lebih indah yang pasti akan mengesankan karyawan. Jika Anda menggunakan warna yang tepat, Anda benar-benar dapat menginspirasi dan memotivasi karyawan Anda berkat sedikit psikologi warna.

Warna sebenarnya dapat membangkitkan respons emosional pada orang dengan cara yang berbeda. Misalnya, hijau sering dikaitkan dengan alam dan pertumbuhan dan dapat memicu kreativitas pada karyawan, sedangkan merah lebih cenderung mengurangi kemampuan berpikir analitis karyawan, dan merah muda memiliki efek yang menenangkan.

Putih cenderung mengarah pada kebosanan dan kurangnya rangsangan, jadi jika kantor Anda penuh dengan dinding putih polos, mungkin saatnya untuk melakukan perubahan. Jika Anda mencari warna yang menyenangkan semua orang, biru adalah yang paling populer.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 3 halaman

2. Hiasi dengan tanaman

Ilustrasi Foto Tanaman Hias (iStockphoto)

Jika Anda mencoba menyemangati karyawan Anda, menambahkan sedikit tanaman hijau ke kantor dapat membantu. Merapikan kantor Anda dengan bunga dan tanaman lain mungkin saja akan meningkatkan semangat di tempat kerja Anda dan membuatnya lebih estetis. Penelitian menunjukkan bahwa kantor dengan tanaman hias memiliki karyawan yang lebih bahagia dan lebih produktif.

Menambahkan tanaman ke kantor dapat meningkatkan produktivitas hingga 15 persen. Menempatkan tanaman hijau ini menyebabkan peningkatan kepuasan di tempat kerja, kualitas udara yang dirasakan, dan tingkat konsentrasi di kalangan pekerja.

3. Siapkan ruangan untuk makan siang

Jika Anda memiliki ruang kosong, cobalah membuat area di mana karyawan dapat makan siang bersama. Dengan seperti itu, akan terjadi banyak interaksi antar karyawan yang tidak seruangan. Semakin banyak orang yang berinteraksi dengan karyawan saat makan siang, semakin baik kinerja orang tersebut.

Memfasilitasi karyawan dengan ruang makan siang juga dapat memberi kesempatan kepada karyawan untuk mendapatkan bantuan atau umpan balik tentang proyek mereka.

Makan siang bersama dengan karyawan lain juga memungkinkan pekerja untuk berbicara tentang apa yang mereka kerjakan dan saling bertukar pikiran tentang pekerjaannya masing-masing.

3 dari 3 halaman

4. Menawarkan fleksibilitas jadwal

Ilustrasi kerja lebih dari 8 jam | Via: istimewa

Semakin banyak perusahaan yang menawarkan manfaat, seperti jadwal kerja yang fleksibel untuk menarik karyawan untuk alasan yang baik, memungkinkan karyawan lebih fleksibel dalam jadwal kerja mereka. Hal itu dapat membantu mereka menjadi lebih produktif, karena mereka dapat bekerja selama waktu yang cocok untuk mereka.

5. Memiliki hewan peliharaan di kantor

Jika itu adalah pilihan yang layak untuk bisnis Anda, menjadikan kantor sebagai tempat ramah hewan peliharaan bisa memiliki dampak positif yang lebih besar tanpa Anda sadari. Memiliki hewan peliharaan di kantor dapat mengurangi stres para karyawan.

Jika Anda berpikir untuk mengizinkan hewan peliharaan di kantor, sebaiknya fasilitasi dengan ruangan khusus area bebas hewan peliharaan di kantor untuk karyawan yang memiliki alergi.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa me-revolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya