Berlebihan Jalani 6 Aktivitas Ini Bahayakan Tulang Punggung

Berhati-hatilah dalam melakukan beberapa hal ini. Jika dilakukan berlebihan atau tidak benar, risikonya bisa berdampak pada kerusakan tulang punggung

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 24 Jul 2018, 16:00 WIB
Angkat beban dengan berat berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada tulang punggung (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Tulang punggung merupakan salah satu garis hidup Anda. Hal tersebut yang membantu seseorang berdiri tegak, menanggung berat badan, serta memainkan peran utama dalam sistem saraf.

Sedikit kerusakan atau cedera pada tulang punggung bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang secara menyeluruh. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan yang kerap tidak disadari merusak susunan tulang tersebut.

Melansir Times of India pada Selasa (24/7/2018), berhati- hatilah jika melakukan beberapa hal ini, karena bisa saja kebiasaan tersebut bisa merusak tulang punggung Anda.

1. Terlalu sering memakai sepatu hak tinggi

Memakai sepatu hak tinggi bisa menyebabkan kelengkungan tulang punggung dan keluar dari keselarasan. Ini bisa mempengaruhi postur tubuh dan menyebabkan punggung serta pinggul bisa melentur.

2. Angkat beban di gym

Jika Anda melakukan angkat beban di gym, sebaiknya berada dalam pengawasan seorang ahli. Apabila melakukan angkat beban dengan bobot yang terlalu berat, terutama jika tidak terbiasa, bisa merusak tulang belakang.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Menggunakan tas dan ponsel

Menggunakan tas yang terlalu berat rentan membuat tulang punggung nyeri (iStockphoto)

3. Tas yang berat

Membawa tas yang terlalu berat, entah tas belanja atau ransel, bisa membuat tubuh bersandar pada satu sisi atau lebih maju.

Jika tubuh tetap miring untuk durasi yang lama, hal ini bisa menyebabkan sakit leher dan merusak tulang belakang. Hindarilah membawa tas dengan beban terlalu berat dengan frekuensi terlalu sering. 

4. Menggunakan ponsel

Kebiasaan ini seakan menjadi suatu hal yang diremehkan. Ketika seseorang menunduk atau memiringkan leher saat menggunakan ponsel, ini memberikan banyak tekanan pada tulang punggung Anda.

 

3 dari 3 halaman

Posisi tidur dan pekerjaan rumah tangga

Posisi tidur yang salah bisa menyebabkan nyeri tulang punggung (iStockphoto)

5. Posisi tidur yang salah

Tidur tengkurap bisa buruk bagi tulang belakang. Ini menempatkan tekanan pada lengkungan tulang belakang dan leher, yang bisa mengarah ke nyeri sendi, leher, dan punggung.

6. Pekerjaan rumah tangga tertentu

Beberapa pekerjaan rumah tangga bisa menyebabkan kerusakan pada tulang belakang Anda, jika dilakukan dengan teknik dan postur yang salah.

Misalnya ketika mengepel atau menggunakan penyedot debu, Anda cenderung membungkuk. Hal ini bisa memberikan tekanan pada punggung.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya