Top 3 News: Lapas Sukamiskin, Tempat Koruptor Hidup Mewah di Balik Bui

Top 3 news, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, untuk mendapatkan sel mewah ala Lapas Sukamiskin harganya terbilang fantasis.

oleh Maria FloraAdy AnugrahadiLizsa Egeham diperbarui 24 Jul 2018, 07:03 WIB
Dirjen PAS dan rombongan melakukan sidak ke Lapas Sukamiskin (Liputan6.com/ Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Jakarta - Uang hingga mobil, itulah yang diberikan suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawangsa kepada Kalapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Wahid Husen untuk bisa membeli hunian lapas yang nyaman dengan segala kemewahannya.

Saat KPK menayangkannya dalam sebuah konferensi pers, di dalam Lapas Sukamiskin bisa dilihat pendingin ruangan (AC), kamar mandi berserta toilet duduk, televisi, rak buku, dan lain-lain.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, untuk mendapatkan sel mewah ala Lapas Sukamiskin harganya terbilang fantasis. Bisa mencapai Rp 500 juta, itu belum termasuk jika sang napi ingin menambah fasilitas lainnya.

Hal ini menjadi bukti bahwa para narapidana koruptor suka sekali dimanjakan dengan kemewahan.

Jika dikaitkan dengan usaha Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), penemuan ini bisa menyulitkan usaha KPK untuk memberi efek jera pada para koruptor.

Kabar lainnya yang tak kalah menyita perhatian di Liputan6.com, keseruan Gibran Rakabuming masak martabak di Markobar.

Bak koki terkenal, ayah dari Jan Ethes ini menjelaskan langkah-langkah membuat satu loyang Markobar.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 23 Juli 2018.

2 dari 4 halaman

1. 5 Upaya Suami Inneke Koesherawati Sulap Sel Lapas Jadi Apartemen

Lapas Sukamiskin (Liputan6.com/Arie Nugraha)

Terpidana kasus korupsi proyek satelit monitoring di Bakamla, Fahmi Darmawangsa, yang tak lain dari suami aktris Inneke Koesherawati, menyuap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen untuk bisa mendapat sel tahanan yang nyaman dan kemudahan untuk keluar masuk Lapas Sukamiskin.

Dari dugaan suap tersebut, KPK mengamankan uang Rp 20.505.000, USD 1.410, catatan-catatan penerimaan uang dan dokumen terkait pembelian dan pengiriman mobil di kediaman Wahid.

"Sejauh ini informasi yang kami peroleh, tarif berkisar Rp 200-500 juta. Jadi, jika sudah menempati ruangan lalu mau nambah apa lagi, ada (biaya) tambahan lagi," ujar Saut dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Sabtu, 21 Juli 2018.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Koruptor Suka Mewah di Lapas Sukamiskin

Sidang Putusan suami Inneke Koesherawati (Deki Prayoga/bintang.com)

Fasilitas wah di penjara khusus para koruptor itu terkuak saat penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Operasi itu dilakukan pada Jumat 20 Juli malam hingga Sabtu 21 Juli dini hari.

Terbongkarnya praktik pemberian fasilitas istimewa kepada narapidana di Lapas Sukamiskin ini membuat KPK menilai pemberantasan korupsi semakin sulit terwujud.

Aktris Inneke Koesherawati sebagai istri Fahmi Darmawansyah juga sempat diamankan KPK saat OTT dilakukan. Namun, setelah menjalani pemeriksaan, KPK melepaskan Inneke dan menjadikannya sebagai saksi.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Intip Serunya Gibran Rakabuming Masak Martabak di Markobar

Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sedang membuat martabak di gerai Markobar, Pondok Indah, Jakarta Selatan (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Ada rasa coklat nutella, oreo, kitkat, greentea, coklat cadbury, coklat silverqueen, dan masih banyak lainnya. Sekilas memang tak ada bedanya dengan martabak Markobar biasanya.

Tapi yang tak biasa adalah pembuatnya. Pembuat martabak ini adalah Gibran Rakabuming Raka, pemilik dari Markobar itu sendiri. 

Menurut Gibran, pembuatan Martabak Markobar tak memakan waktu lama. Cukup 15 menit.

Markobar milik putra sulung Presiden Jokowi ini, kini bisa ditemui di Pondok Indah, Pluit, Bintaro, Ampera, Sunter, Cikini, dan Kelapa Gading.

 

Selengkapnya...

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya