Jokowi Tawarkan Pesawat N-219 ke Presiden Federasi Serikat Mikronesia

Pertemuan Jokowi dan Presiden Federasi Serikat Mikronesia juga membahas sejumlah kerja sama lain.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 18 Jul 2018, 12:20 WIB
Presiden Jokowi bertemu Presiden Federasi serikat Mikronesia (Liputan6.com/Hanz Jimenez))

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kedatangan Presiden Federasi Serikat Mikronesia, HE Peter M Christian. Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. Yang pertama, kata Jokowi, adalah peningkatan kerja sama di bidang kemaritiman dan konektivitas antarpulau.

Jokowi pun menawarkan pesawat N-219 kepada Presiden Christian.

"Indonesia menawarkan pesawat N-219 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk dapat digunakan sebagai pesawat angkut antar pulau," kata Jokowi saat memberikan keterangan persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Menurut dia, Presiden Christian cukup antusias dengan tawaran ini. Oleh sebab itu, pada Kamis (19/7/2018) besok, Presiden Christian akan mengecek langsung pabrik pesawat N-219, yaitu di PTDI.

"Presiden Chirstian besok akan berkunjung ke PTDI di Bandung," ucap Jokowi.

 

 

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Lainnya

Selain kerjasama di bidang kemaritiman, Jokowi menambahkan kedua negara juga sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Salah satunya dengan mengundang pebisnis Mikronesia untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia 2018 yang akan dilaksanakan Oktober mendatang di Tangerang.

"Kemudian yang ketiga untuk mendekatkan hubungan kedua negara, Indonesia berniat menunjuk konsul kehormatan untuk federasi Mikronesia," terang Jokowi.

Kemudian, Jokowi mengaku Indonesia juga menawarkan beasiswa kepada Presiden Christian.

"Hal ini guna meningkatkan hubungam antarmasyarakat Indonesia. Dan terakhir, kerja sama pembangunan di berbagai bidang," tandas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya