Seoul dan Singapura Jadi Kota dengan 4G Tercepat di Asia, Jakarta?

Penasaran seperti apa kecepatan internet 4G di kota besar Asia, cek artikel berikut ini.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 06 Jul 2018, 15:03 WIB
Ilustrasi smartphone Android, smartphone 4G, LTE, 4G LTE. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, OpenSignal selalu merilis laporan seputar kecepatan internet di sejumlah negara. Begitu pula dengan tahun ini, OpenSignal kembali merilis laporan serupa dan kali ini fokus diarahkan pada kota-kota besar di Asia.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (6/7/2018), di laporan ini OpenSignal mengambil sampel dari 12 kota besar di Asia. Kota itu dianggap mewakili pusat ekonomi besar dari negara atau wilayah masing-masing.

Adapun indikator dalam laporan ini adalah kecepatan unduh dan unggah jaringan 4G di tiap-tiap kota. Data ini dikumpulkan melalui sejumlah tes yang dilakukan pada Maret hingga Mei 2018.

Hasilnya, Seoul dan Singapura menjadi dua kota dengan layanan unduh 4G paling cepat. Kecepatan dengan jaringan 4G di kedua kota itu menyentuh angka 45 Mbps.

Catatan itu tak hanya membuat keduanya menjadi kota yang menawarkan layanan 4G paling cepat di Asia, tapi juga kota yang paling cepat di seluruh dunia.

Di bawah Seoul dan Singapura, ada sejumlah kota yang menawarkan internet di atas 25 Mbps. Kota yang masuk dalam kelompok dengan layanan 4G cukup mumpuni ini adalah Taipei, Yangon, Tokyo, dan Ho Chi Minh City.

Kelompok ini cukup mengagetkan, mengingat Taipei dan Tokyo merupakan kota yang cukup awal mengadopsi jaringan LTE. Sementara Yangon dan Ho Chi Minh City sendiri baru dua tahun resmi menggelar layanan 4G komersial sehingga layanannya masih terbilang cepat.

Namun, berdasarkan pola yang ada, seiring dengan jumlah pengguna 4G dan akses yang kian bertambah, biasanya akan mempengaruhi jaringan yang disediakan. Akibatnya, kecepatan unduh akan menurun secara bertahap.

2 dari 3 halaman

Daftar Kota Selanjutnya

Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

Masuk dalam kelompok terakhir, ada negara dengan kecepatan 4G di bawah 16,9 Mbps. Anggota dari kelompok ini kebanyakan berasal dari Asia Tenggara, seperti Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, Phnom Penh, Jakarta, dan tambahan negara dari Asia Timur, Hong Kong.

Berdasarkan laporan OpenSignal, kecepatan memang belum menjadi fokus penyedia layanan 4G di Asia Tenggara. Kebanyakan operator di wilayah ini masih memilih untuk memperluas layanan 4G pada para pengguna.

Berbeda dari kecepatan unduh, kecepatan unggah 4G di kota-kota ini ternyata tak terlalu jauh. Jika dirata-rata, kecepatan unggah di 12 kota ini sekitar 10 Mbps. 

Singapura masih menjadi jawara dengan kecepatan unggah 15,4 Mbps, sedangkan kecepatan unggah paling rendah ada di Phnom Penh dan Jakarta dengan kecepatan rata-rata 4,9 Mbps.

Bagi kamu yang penasaran dengan daftar kota-kota tersebut, berikut ini daftar lengkapnya. 

1. Seoul

Kecepatan Unduh: 48,3 Mbps

Kecepatan Unggah : 14,8 Mbps

2. Singapura

Kecepatan Unduh: 47,6 Mbps

Kecepatan Unggah: 15,4 Mbps

3. Taipei

Kecepatan Unduh: 28,5 Mbps

Kecepatan Unggah: 10,6 Mbps

4. Yangon

Kecepatan Unduh: 27,2 Mbps

Kecepatan Unggah: 11,4 Mbps

5. Tokyo

Kecepatan Unduh: 26,4 Mbps

Kecepatan Unggah: 7,2 Mbps

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Kota dengan 4G Tercepat

Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)

6. Ho Chi Minh City

Kecepatan Unduh: 25,2 Mbps

Kecepatan Unggah: 9,4 Mbps

7. Hong Kong

Kecepatan Unduh: 16,8 Mbps

Kecepatan Unggah: 6,7 Mbps

8. Kuala Lumpur

Kecepatan Unduh: 14,1 Mbps

Kecepatan Unggah: 6,3 Mbps

9. Manila

Kecepatan Unduh: 11,6 Mbps

Kecepatan Unggah: 5 Mbps

10. Bangkok

Kecepatan Unduh: 11,6 Mbps

Kecepatan Unggah: 7,6 Mbps

11. Phnom Penh

Kecepatan Unduh: 11,2 Mbps

Kecepatan Unggah: 4,9 Mbps

12. Jakarta

Kecepatan Unduh: 8,8 Mbps

Kecepatan Unggah: 4,9 Mbps

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya