Program Mudik Gratis Bantu Kurangi Pemakaian Sepeda Motor

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, pemakaian motor pada mudik Lebaran 2018 telah berkurang.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 17 Jun 2018, 21:15 WIB
Penampakan sepeda motor pemudik saat mengikuti mudik gratis Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (13/6). Selain 11.938 pemudik, Kemenhub juga memberi kuota gratis kepada 5.555 sepeda motor. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, pemakaian motor pada mudik Lebaran 2018 telah berkurang. Penyebabnya, antara lain karena program mudik gratis yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyampaikan, jumlah kendaraan roda dua yang melintas saat arus mudik sejak beberapa hari lalu sudah menurun berkat disediakannya angkutan mudik gratis.

"Penghitungan dengan traffic counting dua hari lalu, sepeda motor secara akumulasi turun 40 persen. Turunnya (terhitung) tinggi karena mudik gratis banyak," ujar dia di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu (17/6/2018).

Dia menuturkan, itu merupakan pertanda pemerintah sudah berhasil mengkampanyekan program mudik dengan mengenakan angkutan tanpa biaya yang diselenggarakan oleh berbagai BUMN atau pihak swasta.

Lebih lanjut, ia juga berbicara soal persiapan arus balik mudik nanti. Dia mengatakan, sejumlah jalan tol fungsional Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta akan ditutup sementara pada malam ini untuk dilakukan perbaikan.

Menurut data Kemenhub, saat ini terdapat dua ruas tol di sepanjang jalur Semarang-Jakarta yang masih dioperasikan secara fungsional. Kedua tol tersebut yakni Tol Pemalang-Batang dan Tol Batang-Semarang.

"Besok pagi sudah mulai ditutup Jan 22.00 WIB karena ada pemeliharaan. Setelah itu, besok baru dibuka dari Semarang ke Jakarta," ujar dia.

 

2 dari 2 halaman

Arus Balik, Kemenhub Sediakan Kapal untuk Pemudik Motor Semarang-Jakarta

Peserta mudik sepeda motor gratis mengantre naik kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (13/6). Pengangkutan sepeda motor gratis bagi pemudik Lebaran memakai kapal laut untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyediakan kapal laut untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor secara gratis, pada arus balik. Kapal laut tersebut disediakan untuk tujuan Semarang menuju Jakarta.

"Saya optimis untuk arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018 akan berjalan dengan sukses seperti halnya waktu arus mudik kemarin," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo Agus dalam keterangan tertulis, Sabtu 16 Juni 2018.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Chandra Irawan menuturkan, pelaksanaan arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Semarang ke Jakarta akan dimulai pada 18 Juni sampai 22 Juni 2018.

"Kami menyiapkan 16 kapal yang siap mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta," ujar Chandra.

Dia memprediksi tingkat keterisian kapal mudik gratis akan tinggi, mengingat mudik gratis dengan kapal laut dapat membantu menjaga kondisi fisik para pemudik untuk kembali dan segera beraktivitas setelah libur lebaran.

Di samping itu, untuk arus balik, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiapkan hadiah door prize yang diundi di atas kapal di setiap pelayarannya.

"Data per hari ini, jumlah pendaftar mudik gratis sepeda motor arus balik dari Semarang ke Jakarta mencapai 76.36 persen dan diprediksi akan terus bertambah. Khusus arus balik ini, kami menyiapkan sejumlah door prize untuk para pemudik yang akan diundi di atas kapal seperti televisi, telepon genggam, voucer belanja dan lain sebagainya," kata Chandra.

Dia juga mengajak masyarakat yang belum merasakan manfaat dari mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut.

Bagi para pemudik yang ingin mendaftar, dapat langsung mendatangi posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mulai 17 Juni 2018 pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

"Kami mengimbau agar para pemudik sepeda motor untuk arus balik dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Nikmati pelayaran mudik gratis dengan kapal agar tiba di Jakarta dengan aman, selamat, tertib dan nyaman," pungkas Chandra.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya