FOTO: Mengunjungi Masjid Berusia Ratusan Tahun Terselip di Antara Gedung Bertingkat Ibu Kota

Masjid Hidayatullah merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta yang didirikan pada tahun 1747 di atas tanah yang diwakafkan oleh seorang saudagar bernama Muhammad Yusuf.

oleh Johan Fatzry diperbarui 28 Mei 2018, 18:30 WIB
Masjid Hidayatullah
Masjid Hidayatullah merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta yang didirikan pada tahun 1747 di atas tanah yang diwakafkan oleh seorang saudagar bernama Muhammad Yusuf.
Tampak pintu utama Masjid Hidayatullah di Setiabudi, Jakarta, Senin (28/5). Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta yang didirikan 1747 di atas tanah yang diwakafkan saudagar bernama Muhammad Yusuf. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Suasana jemaah saat beribadah di Masjd Hidayatullah, Jakarta, Senin (28/5). Masjid ini telah mengalami 3 kali pemugaran pada tahun 1921, 1948, dan 1996. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Suasana Masjd Hidayatullah, Jakarta, Senin (28/5). Gaya arsitektur bangunan masjid ini sangat kental dengan perpaduan budaya Tionghoa, Jawa, dan Betawi terlihat jelas dari bentuk atap, tiang penyangga, dan dua menara masjid. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Suasana di luar Masjd Hidayatullah, Jakarta, Senin (28/5). Pihak pengurus masjid tetap mempertahankan bentuk bangunan utama masjid beserta perabotan seperti jam, mimbar, dan ukiran pada 8 tiang penyangga. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Jemaah beribadah di Masjd Hidayatullah, Jakarta, Senin (28/5). Bangunan utama Masjid Hidayatullah yang dikelilingi makam para pendiri, ulama serta tokoh pejuang kemerdekaan seperti almarhum Haji Saidi. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Jemaah beribadah di Masjd Hidayatullah, Jakarta, (28/5). Masjid ini memiliki sejarah panjang, mulai tempat berkumpul pejuang kemerdekaan, tokoh Islam hingga upaya penggusuran pihak bank swasta demi bangun gedung bertingkat. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Suasana Masjd Hidayatullah, Jakarta, Senin (28/5). Kini Masjid Hidayatullah memiliki bangunan tambahan baru (sisi kanan) yang didirikan pada tahun 1999. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Suasana Masjd Hidayatullah, Jakarta, Senin (28/5). Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta yang didirikan 1747 di atas tanah yang diwakafkan saudagar bernama Muhammad Yusuf. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya