Viral, Foto Petugas Bagasi AirAsia Cium Koper Milik Penumpang

Sebanyak 20 foto petugas bagasi AirAsia yang mencium barang-barang penumpang ini mendadak viral.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 28 Mar 2018, 19:40 WIB
Ilustrasi koper di bandara. (iStock)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sejumlah foto dan video yang menunjukkan petugas bagasi AirAsia mencium koper-koper milik para penumpang viral di media sosial.

Gambar-gambar itu muncul setelah kabar miring soal penanganan bagasi oleh maskapai tersebut, yakni sepeda, dalam penerbangan dari Koashiung, Taiwan ke Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2) yang jadi sorotan banyak orang. 

Seperti dikutip dari Asia One, Rabu (28/3/2018), pengguna Facebook Mohd Amir Izzat memposting 20 foto petugas bagasi AirAsia yang mencium barang-barang milik penumpang. Senyum mengembang terlihat jelas di wajah mereka.

Mohd Amir mengatakan, tak masalah seberapa beratnya sebuah koper, karena isi bagasi tersebut akan ditangani sebaik-baiknya -- dengan ciuman dan diperlakukan dengan lembut atau "kiss and care".

CEO Grup AirAsia , Tony Fernandes juga turut berbagi foto para petugas bagasi yang mencium koper para penumpang di Instagram miliknya. Ia juga memuji tindakan mereka.

"... Kami bangkit kembali. Dari keterpurukan datang kekuatan. Hanya butuh "nila setitik untuk merusak susu sebelanga". Butuh kerja seluruh tim untuk membalikkan keadaan, menjadi lebih kuat dengan humor, rasa bangga, dan semangat menjadi yang terbaik," tulis Fernandes.

Fernandes sebelumnya telah meminta maaf atas kelalaian pada penanganan sepeda oleh kru maskapainya.

Chief executive officer AirAsia, Riad Asmat juga mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki kasus tersebut. Tindakan tegas akan diberikan kepada yang terlibat.

"Sebagai ganti rugi atas tindakan kelalaian tersebut, maskapai penerbangan berbiaya terjangkau itu mengatakan akan menggratiskan semua biaya untuk mengangkut sepeda pada bulan April," tambah Riad.

2 dari 2 halaman

Petugas Bagasi Pesawat Ini Patut Diacungi Jempol

Petugas di bagian bagasi pesawat di bandara. (Screen Grab)

Sebelumnya, aksi petugas bandara yang juga menuai perhatian ada di Jepang.

Seperti dikutip dari Asia One 6 Februari 2018, adalah pengguna Facebook Nihongo Wakaranai yang merekam video para petugas itu pada Kamis 1 Februari lalu. Dalam videonya, terlihat dua orang tengah menurunkan koper di bagasi pesawat dari sebuah penerbangan di sebuah bandara di Jepang.

"Terekam di bandara di Jepang, menunjukkan bagaimana orang Jepang benar-benar menjaga koper Anda ... seringkali lebih baik dari dirimu sendiri," tulis akun Facebook Nihongo Wakaranai.

Video berdurasi 3 menit tersebut menunjukkan bagaimana staf dengan lembut dan cermat mengatur setiap koper ke bagian belakang truk untuk dibawa ke terminal bandara. Tidak ada penanganan yang kasar dan staf terlihat secara pribadi menyerahkan barang bawaan kepada staf lain untuk dimasukkan ke truk.

Video tersebut viral, telah dilihat lebih dari 1,8 juta kali dan dibagikan 41.000 kali.

Warganet memuji aksi para staf itu menjaga barang-barang penumpang, dan menunjukkan pekerjaan mereka dengan bangga dan memberitahu bagaimana layanan yang baik dan peduli kepada orang lain untuk dijadikan panutan.

Pengguna Facebook Haikal Khan bahkan membandingkan layanan di bagasi pesawat mereka dengan Singapura.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya