Kopi Ketjil, Kedai Kopi 'Rasa Indonesia' di Abu Dhabi

Seluruh karyawan di kafe Kopi Ketjil di Abu Dhabi ini adalah orang Indonesia.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Mar 2018, 07:21 WIB
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Liputan6.com, Abu Dhabi - Kopi Ketjil, From Indonesia to Abu Dhabi With Love. Begitulah kira-kira gambaran usaha yang tengah dijalani oleh warga negra Indonesia (WNI) bernama Oktaviana Rombe.

Ia membuka kafe 'Kopi Ketjil' berkonsep on the go di salah satu mal di Abu Dhabi, dan bertekad untuk menyajikan sekaligus memasarkan kopi asli kualitas terbaik dari perkebunan Indonesia kepada publik di Persatuan Emirat Arab (PEA). 

Hal ini disampaikan wanita asal Toraja tersebut kepada Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis ketika melakukan courtesy call di kantor KBRI Abu Dhabi pada Senin 5 Maret 2018 waktu setempat.

Pada kesempatan tersebut, Dubes didampingi Pelaksana Fungsi Pensosbud 1 KBRI Rofita Djamawar. Sedangkan Oktaviana membawa serta sekaligus memperkenalkan sejumlah karyawan kafenya, yang semuanya adalah WNI.

Dubes Husin Bagis menyambut baik dan mengucapkan selamat atas dibukanya kafe Kopi Ketjil di Abu Dhabi.

"Semoga kehadiran kafe ini dapat menginspirasi para pengusaha Indonesia lainnya untuk membuka usaha di PEA," ujar Dubes Husin seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Selasa (6/3/2018).

Kopi Ketjil sendiri berdiri dengan dukungan kemitraan pengusaha setempat. Meski baru dibuka (soft opening) pada 2 Maret 2018 lalu, kafe ini sudah semakin dikenal dan cukup ramai dikunjungi para pecinta kopi, baik warga negara PEA maupun ekspatriat yang tinggal di Abu Dhabi, termasuk masyarakat Indonesia.

Hal ini ditunjukkan dari banyaknya pelanggan yang datang, terutama menjelang dan saat libur akhir pekan, serta jumlah follower akun instagram kopiketjil.uae yang kian bertambah.

 

 

Saksikan juga video berikut:

 

2 dari 2 halaman

Pendatang Baru

Kopi Nusantara di Abu Dhabi. (Sumber: KBRI Abu Dhabi)

Sebagai pendatang baru di tengah banyak kafe yang sudah lebih dulu eksis dan semakin menjamur di Abu Dhabi tidak serta merta membuat Baby, panggilan akrab Oktaviana, khawatir. Ia percaya dengan kualitas biji kopi yang ditawarkan Kopi Ketjil.

Terlebih, seluruh biji kopi tersebut disangrai (roasting) langsung oleh pihaknya. 

"Biji kopi yang kami olah hanya berasal dari para petani kopi yang dibina langsung oleh manajemen Kopi Ketjil. Selain itu, biji kopi tersebut juga kami sangrai sendiri, sehingga kami bisa jamin 100% keaslian dan kualitasnya," jelas Baby.

Respons dan feedback dari para pelanggan hingga saat ini sangat positif. Menurut mereka, kualitas kopi yang disajikan Kopi Ketjil memiliki rasa yang mantap dan khas, berbeda dengan di tempat lain.

Tidak hanya minuman. Kopi Ketjil ternyata juga menyajikan penganan khas nusantara yang jarang atau bahkan belum tentu kita temukan di kafe lain, seperti lapis legit, kue sagu, nastar, dan kastengel. Sejumlah kerajinan tangan dari Indonesia juga dijual dan turut menghiasi bar kafe ini.

KBRI Abu Dhabi akan terus aktif memfasilitasi dan mendukung berbagai kegiatan dan upaya pemasaran dan promosi produk Indonesia di PEA.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya