Sidang Cerai Salmafina - Taqy Malik Ditunda karena Ilal Ferhard?

Sidang perdana perceraian Salmafina - Taqy Malik berlangsung tertutup dan tak lama.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 24 Jan 2018, 13:20 WIB
Salmafina didampingi sang ayah, Sunan Kalijaga usai menjalani sidang cerai perdana di Pengadilan Jakarta Barat, Rabu (24/01). Rumah tangga Taqy Malik dan Salmafina yang baru tiga bulan berjalan dirundung masalah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Salmafina dan Taqy Malik menjalani sidang cerai perdana di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Selasa (24/1/2018). Sebagai penggugat, Salmafina nampak hadir di persidangan ditemani oleh ayahnya, Sunan Kalijaga, dan juga ibunya, Heydi, serta kuasa hukumnya.

Sidang perdana perceraian Salmafina - Taqy Malik tersebut berlangsung tertutup dan tak lama. Ternyata sidang ditunda oleh majelis hakim, lantaran pihak kuasa hukum Taqy Malik dianggap kurang melengkapi berkas-berkas perceraian.

"Sidang ditunda, karena legalitas penasehat hukum tergugat belum lengkap. Itu bukti profesionalitas seorang pengacara," ujar pengacara Salmafina, Khairul Imam usai persidangan.

2 dari 5 halaman

Buang-Buang Waktu

Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Khairunnisa dan Taqy Malik (Foto: Instagram)

Sebagai ayah, Sunan Kalijaga merasa sidang hari ini membuang-buang waktunya. Sebab seharusnya sidang bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya. Kata Sunan Kalijaga, seharusnya seorang pengacara sudah mempersiapkan secara lengkap, berkas-berkas untuk persidangan.

"Ini membuang-buang waktu. Salma sudah pengin move on," ujar Sunan Kalijaga.

3 dari 5 halaman

Sidang Ditunda

Taqy Malik. (Instagram/taqy_malik)

Sidang ditunda hingga dua pekan ke depan. Pihak Taqy Malik yang diwakili Ilal Ferhard, harus melengkapi segala kebutuhan persidangan perceraian agar sidang bisa berjalan dengan lancar.

"Sidang ditunda hingga 7 Februari, dan harus dilengkapi semuanya," ujar Sunan Kalijaga.

4 dari 5 halaman

Jawaban Ilal Ferhard

Putri pengacara Sunan Kalijaga, Salmafina saat berada di dalam ruang sidang cerai di Pengadilan Jakarta Barat, Rabu (24/01). Dalam sidang cerai tersebut, Taqy Malik tidak dapat hadir karena masih di Mesir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Namun menurut Ilal Ferhard, apa yang diucapkan Sunan Kalijaga tidaklah benar. Ia sudah menjalani semua aturan hukum yang ada perihal perceraian Salmafina dan Taqy Malik.

"Kami sudah mengikuti peraturan sesuai undang-undang. Kami datang sesuai dengan aturan juga. Kami datang menunggu, setelah kami masuk penggugat tidak hadir. Kami disuruh keluar karena kami menunggu penggugat dulu," kata Ilal Ferhard.

5 dari 5 halaman

Kurang Satu Berkas

Putri pengacara Sunan Kalijaga, Salmafina berusaha menenangkan ibunya yang menangis saat sidang cerai perdana di Pengadilan Jakarta Barat, Rabu (24/01). Salmafina menjalani proses sidang cerai perdana dengan Taqy Malik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Namun tak dipungkiri Ilal Ferhard, ada satu berkas yang belum didaftarkan sehingga harus dilengkapi di persidangan berikutnya.

"Tadi hanya ada satu surat aja yang belum didaftarkan, hanya itu aja yang jadi masalah. Setelah kami daftarkan dan surat kuasa yang jelas. Itu legal semua," ujar Ilal Ferhard.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya