FOTO: Mengentak Kaki, Ritual Sumo Jepang Sambut Tahun Baru

Di Jepang, penyambutan tahun baru melibatkan upacara mengentak kaki di Kuil Meiji oleh pesumo.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 10 Jan 2018, 09:09 WIB
Ritual Tahunan Para Pesumo di Kuil Jepang
Di Jepang, penyambutan tahun baru melibatkan upacara mengentak kaki di Kuil Meiji oleh pesumo.
Pegulat sumo Kisenosato memimpin upacara mengentakkan kaki di Kuil Shinto Meiji Shrine, Tokyo, Selasa (9/1). Acara tradisional yang merupakan ritual Shinto ini menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru tahunan di kuil tersebut. (Toshifumi KITAMURA/AFP)
Juara Grand Sumo asal Mongolia, Kakuryu (kanan) tiba untuk melakukan upacara mengentakkan kaki menyambut tahun baru di Kuil Meiji Shrine, Tokyo, Selasa (9/1). Ritual penyambutan tahun baru itu melibatkan tiga juara pegulat sumo. (AP/Shizuo Kambayashi)
Juara Grand Sumo asal Mongolia, Kakuryu (kedua kiri) melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Shinto Meiji Shrine, Tokyo, Selasa (9/1). Merujuk kepada Wikipedia, ritual tersebut dikenal dengan nama shiko. (AP/Shizuo Kambayashi)
Juara Grand Sumo, Kisenosato melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Shinto Meiji Shrine, Tokyo, Selasa (9/1). Ritual ini dilakukan dengan mengangkat secara bergantian kaki setinggi mungkin untuk kemudian dientakkan ke tanah. (AP/Shizuo Kambayashi)
Juara Grand Sumo, Kisenosato melakukan upacara mengentakkan kaki di Kuil Shinto Meiji Shrine, Tokyo, Selasa (9/1). Dalam kesempatan tersebut, pesumo yang yang memiliki bobot tubuh 178 kg itu tampil mengenakan pakaian tradisional. (AP/Shizuo Kambayashi)
Juara Grand Sumo asal Mongolia, Hakuho melakukan upacara tradisional mengentakkan kaki untuk menyambut tahun baru di Kuil Shinto Meiji Shrine, Tokyo, Selasa (9/1). Pesumo itu mengentakkan ke tanah dengan sekuat tenaga. (Toshifumi KITAMURA / AFP)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya