Manajer Arsenal Lebih Nyaman Pakai Formasi 4 Bek

Arsenal saat ini selalu memakai tiga bek.

oleh Adyaksa Vidi diperbarui 10 Des 2017, 06:24 WIB
Pelatih Arsenal Arsene Wenger menyaksikan timnya bertanding melawan melawan Leicester City pada laga perdana pertadingan Liga Inggris di Stadion Emirates, London (11/8). Arsenal berhasil mengalahkan Leicester City dengan skor 4-3. (AFP/Ian Kington)

Liputan6.com, London - Manajer Arsenal, Arsene Wenger ternyata tidak terlalu percaya diri memainkan pola tiga bek selama ini. Namun ia memaksanya karena The Gunners terus bermain bagus dengan pola itu.

Arsenal menelan tujuh kekalahan dari 12 laga dalam periode 31 Januari hingga 10 April 2017. Akhirnya Wenger pun mengubah formasi menjadi tiga bek untuk pertama kalinya sejak 20 tahun terakhir.

Terbukti strategi itu membawa Arsenal menjuarai Piala FA. Bahkan mereka mengalahkan Chelsea di partai puncak.

Arsenal pun terus memakai formasi 3-4-2-1 musim ini. Namun Wenger mengubahnya menjadi 4-2-3-1 tengah pekan kemarin saat menghadapi BATE di Liga Europa.

Perubahan ini bukan tanpa alasan karena Skhodran Mustafi sedang cedera. Dan Wenger mengaku anak asuhnya harus siap dengan pola yang berbeda di setiap laga.

 

 

2 dari 3 halaman

Komentar Wenger

"Saya yang memutuskan memakai formasi empat bek lawan BATE. Jujur saja ini adalah formasi yang saya sukai," kata Wenger seperti dilansir Evening Standard.

"Saya juga memakai formasi empat bek ketika kami tertinggal 0-2 melawan MU pekan lalu. Saya bisa menempatkan lebih banyak pemain bertipe menyerang dengan formasi empat bek," ujarnya menambahkan.

Foto dok. Liputan6.com

Sayang dua hasil berbeda diraih Wenger dengan formasi empat bek. Saat melawan MU, Arsenal kalah 1-3, namun melawan BATE mereka menang 6-0.

3 dari 3 halaman

Jadwal Arsenal

Pekan ini Arsenal akan menantang Southampton. Kemenangan akan membuat peluang merangsek ke posisi empat besar terbuka.

Foto dok. Liputan6.com

Arsenal saat ini berada di posisi kelima klasemen. The Gunners mengoleksi 28 poin dari 15 laga.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya