PHOTO: Yerusalem, Kota Suci Tiga Agama

Yerusalem dijuluki Kota Suci Tiga Agama. Kota ini menjadi rumah bagi tiga agama yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 07 Des 2017, 11:41 WIB
Yerusalem, Kota Suci Tiga Agama
Yerusalem dijuluki Kota Suci Tiga Agama. Kota ini menjadi rumah bagi tiga agama yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi.
Yerusalem dalam bahasa ibrani disebut Yerushalayim dan al-Quds dalam bahasa Arab, yang merupakan salah satu kota tertua di dunia. Yerusalem berjuluk Kota Suci Tiga Agama. Rumah bagi tiga agama langit, Islam, Kristen, dan Yahudi. (iStockPhoto)
Masjid Al-Aqsa, yang artinya “masjid terjauh”, merupakan kompleks di Kota Tua Yerusalem yang terdiri dari Kubah Batu dari emas dan Masjid Qibly--yang kini dikenal sebagai Masjid Al-Aqsa karena paling dekat dengan kiblat di Ka’bah. (AP/Sebastian Scheiner)
Masjid Al-Aqsa menjadi salah satu masjid suci umat Islam, selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid di Yerusalem Timur itu turut menjadi saksi dalam konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina. (AHMAD GHARABLI/AFP)
Selain Masjid Al-Aqsa, di wilayah itu adalah Dome of Rock. Dome of Rock ini berbentuk persegi delapan, berkubah emas, dan masih berada di dalam kompleks Masjid Al Aqsa. Bangunan itu bahkan sering disebut sebagai Masjid Al-Aqsa. (AP/Hatem Moussa)
Church of the Holy Sepulchre atau Gereja Makam Kudus di Kota Tua Yerusalem merupakan situs yang paling dihormati bagi umat Kristiani. Situs ini dipercaya sebagai saksi bisu sejarah perjalanan Yesus, kematian, penyaliban hingga kebangkitannya (iStockPhoto)
Gereja Makam Kudus dikenal juga sebagai situs Golgota dan diyakini sebagai tempat terakhir jalur Via Dolorosa (Jalan Salib). Posisinya tidaklah jauh dari Tembok Ratapan dan Masjid Al-Aqsa yakni di atas bukit Golgota. (AP/Tsafrir Abayov)
Ada cerita yang menarik dari Church of the Holy Sepulchre atau Gereja Makam Kudus di Kota Tua Yerusalem ini yaitu juru kunci gereja paling suci ini bukanlah seorang Kristiani melainkan dari umat Muslim. (iStockPhoto)
Satu lokasi yang disucikan umat Yahudi adalah Kotel atau Tembok Barat di Yerusalem. Terkenal dengan sebutan Tembok Ratapan, bagian ini dipercaya sebagai bagian dari dinding yang tersisa dari bangunan Bait Suci. (iStockPhoto)
Tembok Ratapan di Yerusalem merupakan dinding batu yang menjulang sekitar 18,9 m dari atas tanah. Tembok ini dianggap situs sakral oleh orang Yahudi, dan ribuan orang berziarah di sana setiap tahun.. (THOMAS COEX / AFP)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya