Gagal Cetak Gol Lawan Persipura, Ini Penjelasan Pelatih Persib

Persib sebenarnya sudah tampil maksimal dengan melakukan variasi serangan.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 29 Agu 2017, 21:30 WIB
Bek Persib, Tony Sucipto (kanan) berbincang dengan Vladimir Vujovic saat latihan jelang final Piala Bhayangkara 2016 di Stadion GBK Jakarta, Sabtu (2/4/2016). Final Piala Bhayangkara mempertemukan Persib dan Arema Cronus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung hanya mampu bermain imbang tanpa gol menghadapi tuan rumah Persipura Jayapura 0-0 pada pekan ke-21 Liga 1 di Stadion Mandala, Jayapura, Senin 28 Agustus 2017 lalu.

Hasil ini membuat Persib gagal mencapai target yang diinginkan, yaitu mencuri poin penuh atas Mutiara Hitam. Pada pertandingan tersebut, Persib sulit mengembangkan permainan, bahkan ditekan habis-habisan.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, menjelaskan soal situasi tersebut. Menurut dia, sebenarnya penampilan Hariono dkk sudah tampil maksimal pada pertandingan kemarin dengan melakukan variasi serangan.

"Situasi di pertandingan beda sama latihan. Apalagi ini main away di kandang Persipura. Tekanan bukan hanya dari pemain lawan, tapi juga penonton, ditambah cuaca yang sangat panas," ujarnya.

Bahkan, Yaya mengkalim strategi yang sebelumnya disiapkan, yaitu transisi menyerang pemain dibuat mengarah ke sayap, justru selalu menjurus ke tengah. Kondisi tersebut dimanfaatkan tim tuan rumah untuk memotong bola dan melakukan serangan.

"Seharusnya transisi yg dibuat mengarah ke kanan dan kiri. Tapi kemarin kebanyakan ke tengah. Bisa jadi pergerakan Ezechiel sudah diantisipasi tuan rumah. Sehingga kita kesulitan menusuk jantung pertahanan lawan," kata Yaya, seperti dilansir situs resmi klub.

Kondisi itu pun mengharuskan Raphael Maitimo ditarik ke tengah dengan maksud membantu serangan dan membuat gol. "Supaya ada variasi serangan. Karena dia kuat megang bola," jelas pelatih fisik Persib ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Peluang

Pelatih Persipura Jayapura Wanderley Machado Da Silva Junior (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)


Sebelumnya, pelatih Persipura Jayapura Wanderley Machado Da Silva Junior mengatakan kegagalan skuatnya mengalahkan Persib karena penyelesaian akhir Boaz dan kawan-kawan tidak maksimal.

"Terima kasih, kita bersyukur dapat satu poin. Suporter pasti kecewa dengan hasil ini. Sebenarnya banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Tapi, ini bukan harinya kita," kata Wanderley usai pertandingan seperti dikutip dari situs Persib.

Pelatih asal Brasil tersebut mengkalim, timnya tampil lebih dominan. "Pemain sudah berusaha, ada kreasi serangan, kombinasi shooting, dan banyak peluang. Hanya saja finishing yang jadi masalah pada pertandingan ini," paparnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya