Polisi Pantau Pelaksanaan Salat Idul Adha

Sejumlah di Jakarta menjadi tempat penyelenggaraan Salat Id pagi ini. Polisi memantau pelaksaan salat, meski pemerintah menetapkan Idul Adha besok.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Nov 2010, 07:45 WIB
Liputan6.com, Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memantau pelaksanaan Salat Idul Adha, meski pemerintah menyatakan Idul Adha jatuh pada Rabu. Sejumlah lokasi menyelenggarakan Salat Id, Selasa (16/11) pagi.

Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama RI pada 8 November melakukan sidang itsbat untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah 1431 H dan Idul Adha 2010 ini. Menurut pemerintah, berdasarkan laporan pemantauan bulan sabit baru (rukyatul hilal), di wilayah Indonesia tidak ada yang bisa melihat bulan pada hari Sabtu, 6 November 2010.

Pada saat Matahari terbenam ketinggian bulan juga belum mencapai dua derajat. Oleh karena itu ditetapkan bahwa 1 Dzulhijjah 1431 H adalah Senin, 8 November 2010. Dengan demikian Idul Adha di Indonesia jatuh pada hari Rabu, 17 November 2010, demikian keputusan pemerintah.

Namun, Muhammadiyah tetap memutuskan berlebaran Haji pada hari ini. Hal itu dilakukan karena mereka menganut asas wujudul hilal. Dengan dasar ini, asal bulan sabit telah berada di atas ufuk, meskipun tidak bisa dilihat maka bulan baru telah masuk.(ULF/Ant)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya