PT KCJ Gratiskan Penumpang KRL pada 17 Agustus, Cek Ketentuannya

Eva menjelaskan layanan KRL gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat sepanjang hari pada 17 Agustus 2017.

oleh Rochmanuddin diperbarui 15 Agu 2017, 18:25 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Pada peringatan HUT ke-72 RI, 17 Agustus 2017, masyarakat dapat menggunakan layanan commuterline atau Kereta Rel Listrik (KRL) secara cuma-cuma. Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Khairunnisa mengatakan, layanan gratis ini merupakan kali kedua, setelah program serupa berlangsung pada peringatan HUT RI 2015. 

"PT KCJ sebagai operator layanan KRL Jabodetabek, akan memberikan layanan KRL gratis ini kepada seluruh pengguna KRL yang memakai Kartu Multi Trip (KMT), dan Tiket Harian Berjaminan (THB) untuk perjalanan KRL," ujar Eva, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/8/2017).

Eva menjelaskan layanan KRL gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat sepanjang hari pada 17 Agustus 2017, mulai keberangkatan KRL pertama hingga KRL terakhir tiba di tempat tujuan.

"Layanan ini juga berlaku untuk seluruh relasi KRL. Dalam menggunakan layanan KRL gratis, masyarakat perlu memperhatikan sejumlah ketentuan, terutama terkait tiket elektronik KRL Jabodetabek," ujar dia.

Menurut Eva, masyarakat yang memiliki Kartu Multi Trip (KMT) maupun Tiket Harian Berjaminan (THB), harus melakukan tap in dan tap out dengan sempurna di stasiun. Bagi pengguna KMT ketentuan saldo minimum Rp 13.000 tetap berlaku.

"Khusus para pengguna yang memilih menggunakan THB tetap harus memiliki tiket sesuai relasinya, dan memberikan uang jaminan kartu sebesar Rp 10.000," jelas dia.

Pembelian maupun pengisian relasi, kata Eva, tidak dikenakan biaya. Sementara uang jaminan juga akan dikembalikan sepenuhnya kepada pengguna, saat mengembalikan kartu THB. 

"Bagi pengguna yang tidak mengikuti ketentuan tiket elektronik KRL Jabodetabek, juga akan dikenakan penalti dan suplesi (denda) seperti biasa," Eva menandaskan.

Lomba Fotografi

Sementara, Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCJ Subakir mengajak masyarakat untuk ikut menikmati layanan commuterline gratis ini, dengan tetap memperhatikan ketentuan yang ada.

"Serta ikut menjaga ketertiban serta kenyamanan bersama di dalam KRL maupun stasiun," kata dia.

Selain KRL Gratis, kata Subakir, PT KCJ juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya dalam memeriahkan HUT ke-72 RI.

"Sejak pekan lalu PT KCJ menggelar lomba fotografi melalui Instagram, dengan objek foto KRL dan Stasiun Tanjung Priok sebagai salah satu Stasiun dengan nilai sejarah yang tinggi," kata dia. 

Puncak acara ini, kata Subakir, pada 17 Agustus 2017 PT KCJ akan menggelar sejumlah kegiatan bersama komunitas pengguna KRL di Stasiun Tanjung Priok.

"Antara lain cosplay kostum perjuangan, permainan khas 17-an, serta berbagai hiburan," ujar dia.

Mereka yang mengikuti berbagai kegiatan tersebut, menurut Subakir, memiliki kesempatan untuk membawa pulang sejumlah hadiah menarik. 

"Berbagai layanan khusus dan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya PT KCJ, untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada moda transportasi kereta, khususnya KRL," kata dia.

Karena itu, Subakir menambahkan, pihaknya mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk memanfaatkan program-program ini, dengan bepergian bersama keluarga menggunakan KRL pada 17 Agustus 2017.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya