Top 3 Berita Hari Ini: Jawaban Bijak Raja Salman Soal Kuota Haji

Dalam Top 3 Berita Hari Ini, Raja Salman tidak mau memberikan janji manis tentang penambahan kuota haji yang diminta para tokoh muslim.

oleh RinaldoAhmad Romadoni diperbarui 03 Mar 2017, 21:30 WIB
Dalam Top 3 Berita Hari Ini, Raja Salman tidak mau memberikan janji manis tentang penambahan kuota haji yang diminta para tokoh muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini teratas di kanal News masih tentang uforia kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al Saud beserta rombongan ke Indonesia. Selain untuk memperkuat kerjasama regional antara kedua negara, Raja Salman juga akan berlibur ke Bali.

Bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Raja Salman sempat bertemu dengan para tokoh muslim di Indonesia. Salah satu hal penting yang dibahas tentang kuota haji untuk Indonesia.

Soal penambahan kuaota haji Indonesia, Raja Salman mengatakan, dirinya tak mau memberikan janji manis. Karena kerajaan Arab Saudi hanya berbakti kepada umat.

Selain bertemu dengan para tokoh muslim di Indonesia, Raja Salman juga mendatangi masjid terbesar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal.

Segala persiapan untuk menyambut sang raja juga tak kalah hebohnya.  Saat itu, ada kursi biru khusus yang disiapkan untuk Raja Salman.

Namun, menurut Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nassarudin Umar, kursi itu sebenarnya bukan bagian dari persiapan penyambutan Raja Salman di Istiqlal.

Hingga malam ini berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com, terutama di kanal News, Jumat (3/3/2017). 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini

1. Kerendahan Hati Raja Salman Jawab Permintaan Tokoh Muslim RI

Sejak kunjungannya, Raja Salman menjadi sosok yang ramai dibicarakan. Penasaran bagaimana pribadi Raja Salman sebenarnya? Simak di sini.

Para tokoh muslim di Indonesia bersua dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Berbagai permasalahan umat disampaikan kepada Raja Salman.

Pemimpin Pondok Pesantren Gontor KH Hasan Abdullah Sahal mengatakan, pertemuan ini merupakan salah satu yang paling bersejarah bagi Indonesia maupun Arab Saudi. Salah satu yang paling disyukuri adalah penambahan kuota haji untuk Indonesia.

"Kami atas nama pribadi dan segenap jemaah, ulama Indonesia bersyukur sekali dengan adanya pertemuan ini," kata Hasan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2017.

Hasan berharap banyak kemajuan yang bisa diraih Indonesia dan Arab Saudi, terutama terkait pendidikan, dakwah, perguruan tinggi, rumah sakit, dan hubungan organisasi Islam kedua negara.

Selengkapnya... 

2. Kata Imam Besar Istiqlal soal Kursi Biru Raja Salman

Presiden Joko Widodo dan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di dampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar saat melakukan Shalat tahiyatul masjid di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (2/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud sempat bertandang ke Masjid Istiqlal, untuk menunaikan salat sunah tahiyatul masjid. Saat itu, ada kursi biru khusus yang disiapkan untuk Raja Arab Saudi itu.

"Saya juga enggak tahu persis tiba-tiba ada pas dari protokoler," kata Nasarudin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 2 Maret 2017.

Sebenarnya, kata Nassarudin, Masjid Istiqlal juga menyiapkan kursi untuk tamu dengan kebutuhan sama dengan Raja Salman. Hanya saja, biasanya ada kriteria khusus untuk Raja Salman.

"Kita juga siapkan kursi Istiqlal tapi kita kan enggak tahu kursi mana yang biasa diduduki Beliau. Takutnya keempukan atau gimana," kata dia.

Selengkapnya...

3. 7 Fakta Unik Keluarga Raja Salman dan Sistem Monarki Arab Saudi

Pendiri Monarki Arab Saudi Raja Abdul Aziz (kiri) dan Putra Mahkota Pangeran Saud. (kingsaud.org)

Raja Salman bin Abdulazis al-Saud‎ mengadakan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Selama sembilan hari, Raja Arab Saudi itu bersama rombongan besarnya akan menghabiskan waktu di Jakarta dan Bali.

Arab Saudi adalah negara berbentuk kerajaan yang tergolong baru dibandingkan dengan negara monarki lainnya yang telah berusia ratusan tahun. Berdiri pada 23 September 1932, Arab Saudi sudah memiliki tujuh orang raja.

Namun, dibandingkan dengan negara kerajaan lainnya, Arab Saudi punya keunikan tersendiri.

Ada sejumlah kebiasaan negara monarki pada umumnya yang tak dianut oleh negara di Jazirah Arab ini.

Selengkapnya...

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya