Sean Gelael Petik Pelajaran dari GP2 Seri Eropa

Selama mengikuti seri Eropa, dia mendapatkan tantangan yang berbeda-beda dengan atmosfer persaingan yang ketat.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 06 Sep 2016, 02:00 WIB
Pembalap Pertamina Campos Racing Sean Gelael (GP2 Media Service)

Liputan6.com, Monza - Balapan GP2 seri Eropa berakhir di sirkuit Monza, Italia, akhir pekan lalu. Musim ini, masih ada dua seri tersisa di kawasan Asia, yakni di sikuit Sepang Malaysia dan Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pembalap muda Indonesia Muhammad Sean Gelael mengaku banyak belajar dari seri Eropa dan bertekad tampil lebih bagus di Sepang dan Yas Marina sebelum mengakhiri musim ini.
 
“Tentu saya banyak belajar baik dari kegagalan-kegagalan saya maupun kesuksesan saya mendapatkan poin dan naik podium. Ajang GP2 memang tidak mudah, persaingan sangat kompetitif. Setiap tim punya kelebihan dan kekurangan. Faktor balapan tidak hanya ditentukan keandalan mobil dan pebalap, tetapi juga faktor keberuntungan,” kata Sean di situs resminya.

Pembalap Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia itu menuturkan, selama seri Eropa (Spanyol, Monako, Azerbaijan, Austria, Inggris, Hongaria, Jerman, Belgia dan Italia), dia mendapatkan tantangan yang berbeda-beda dengan atmosfer persaingan yang ketat. Semua ini menurutnya memberi pengalaman yang luar biasa pada balapan musim penuh pertamanya di GP2.
 
Dikatakan, tim harus siap segalanya untuk tampil bagus dan juara. Kondisi mobil yang siap pakai tergantung dari setingan mulai dari mesin, aerodinamika, sasis, rem maupun ban. Pembalap juga harus siap baik secara fisik, mental sampai pada pengenalan karakter sirkuit. Faktor cuaca juga bisa ikut menentukan. Terakhir keberuntungan yang juga selalu diharapkan pembalap dalam setiap lomba.

Pembalap Pertamina Campos Racing Sean Gelael (GP2 Media Service)

Untuk setingan mobil, kata Sean, timnya masih belum menemukan setingan yang ideal selama seri Eropa. Kadang tim mendapatkan setingan yang bagus dan mobil cukup kompetitif, seperti saat tampil di Baku City Azerbaijan dan RedBull Ring, Austria. Namun, tak jarang pula, setingan mobil juga kurang pas, sehingga agak kedodoran saat balapan.
 
Hal ini pula, menurut Sean, yang membuat dia bersama rekan setimnya Mitch Evans tidak bisa tampil selalu konsisten di setiap balapan. Bahkan, Evans yang lebih berpengalaman dan diandalkan pun masih sulit untuk bisa menembus posisi sepuluh besar dalam babak kualifikasi.
 
“Pada balapan di Monza sebenarnya setingan mobil sudah cukup bagus. Namun, balapan tetap tidak mudah dan kita kurang beruntung juga. Saya sempat stall di balapan pertama dan semakin sulit setelah ada insiden dan komunikasi radio saya bermasalah. Di balapan kedua, saya sudah berupaya keras menembus sepuluh besar. Namun, ternyata tidak mudah juga karena jarak dengan pebalap lain sudah agak melebar,” ucap Sean.
 
Meski menghadapi banyak tantangan, Sean mengaku masih punya motivasi serta semangat yang kuat untuk balapan. Keberhasilan dia meraih poin di Baku City (finis ketujuh) dan podium kedua di Red Bull Ring, membuat dia kian tertantang untuk membalap lebih baik dan konsisten. “Saya ingin menyelesaikan musim ini dengan hasil yang positif.  Dua seri di Asia akan kami coba manfaatkan secara maksimal. Kondisi cuaca dan kelembapan udara akan menjadi kendala utama bagi pembalap. Buat saya ini kesempatan untuk tampil lebih bagus, terutama di Sepang,” ia menambahkan.
Pembalap Pertamina Campos Racing Sean Gelael (GP2 Media Service)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya