STORY: Belajar Peduli dari Penyelamat 'Sahabat Manusia' yang Terlantar

Sebuah rumah di perumahan Ganda Asri 2, Tangerang, riuh dengan suara gonggongan puluhan ekor anjing yang terdapat di dalamnya.

oleh Arny Christika Putri diperbarui 29 Agu 2016, 08:00 WIB
20160828-Relawan Hewan Terlantar-Tangerang
Sebuah rumah di perumahan Ganda Asri 2, Tangerang, riuh dengan suara gonggongan puluhan ekor anjing yang terdapat di dalamnya.
Sebuah rumah di perumahan Ganda Asri 2, Tangerang, riuh dengan suara gonggongan puluhan ekor anjing yang terdapat di dalamnya. Para anjing dan kucing di rumah itu tampak terawat dan memberi kesan ramah terhadap tamu yang datang. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Rumah itu merupakan tempat perlindungan bagi hewan yang berhasil diselamatkan dari berbagai tempat di Ibu kota dan sekitarnya oleh Doni Herdaru Tona dan tim Animal Defender, kelompok penyelamat hewan, khususnya anjing dan kucing (Liputan6.com/Johan Tallo)
Setiap menerima laporan mengenai hewan yang akan diselamatkan, tim Animal defender segera bergegas menuju lokasi. Adapun hambatan utama mereka adalah kondisi lalu lintas yang macet dan jarak penyelamatan yang jauh. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pada awal berdirinya Animal Defender di 2011 silam, Doni menjalankan tugas penyelamatan hewan seorang diri. Namun, seiring berjalan waktunya kegiatan mulia ini menyedot perhatian masyarakat yang kemudian bersedia menjadi relawan (Liputan6.com/Johan Tallo)
Setiap hari, para relawan Animal Defender secara bergantian mengurus hewan-hewan yang telah diselamatkan. Mulai dari memberi makan, memandikan hingga membawa ke dokter jika ada ada anjing ataupun kucing yang sakit. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Tim Animal Defender yang memiliki jumlah pengurus utama 30 orang dan 100 relawan ini juga melakukan penyelamatan terhadap hewan-hewan jika menerima laporan mengenai hewan yang perlu diselamatkan dari masyarakat. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Sumber dana utama perawatan hewan-hewan ini berasal dari dana pribadi Doni dan relawan Animal defender. Animal defender juga membuka usaha penitipan hewan dan layanan Pet Taxi untuk mengantar hewan-hewan ke klinik atau dokter. (Liputan6.com/Johan Tallo)
“Biaya medis satu bulan, hanya untuk biaya klinik bisa sampai Rp35 juta belum termasuk biaya vitamin dan obat. Untuk biaya makanan sehari-hari dapat menghabiskan biaya Rp5 juta dalam 3 hari.” tandas pendiri Animal Defender. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Saat ini ada sekitar 200 ekor anjing dan 40 ekor kucing yang menghuni rumah tersebut. Sebenarnya ada satu rumah lagi di kawasan kompleks yang sama dan juga berfungsi sebagai tempat penampungan anjing-anjing berukuran besar . (Liputan6.com/Johan Tallo)
Tujuan utama berdirinya Animal Defender adalah untuk memperjuangkan hak-hak hidup hewan sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan, melalui kegiatan penyelamatan anjing dan kucing yang ditelantarkan dan mengalami kekerasan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Animal Defender hanyalah salah satu bentuk dukungan dalam menjaga keserasian semesta. Sudah seharusnya manusia tidak hanya memikirkan kelestarian sesamanya, tetapi juga kelestarian makhluk hidup lainnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya